DP3AP2KB Tabalong Targetkan 1.000 Akseptor KB Jangka Panjang

TVTABALONG – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendudukan dan KB Tabalong menargetkan dapat melayani 1.000 akseptor untuk metode kontrasepsi jangka panjang. Pelayanan yang diberikan berupa pemasangan implant, bongkar pasang implant, serta pemasangan IUD.

Kepala Bidang Keluarga Berencana Dan Ketahanan Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB Tabalong, Rifansyah mengatakan, dari 1000 target akseptor yang dilayani, di triwulan pertama tahun 2021 ini telah terealisasi 430 akseptor. Rifansyah mengatakan tingginya minat masyarakat di tahun 2021 untuk melakukan pemasangan maupun bongkar pasang implant, dikarenakan di tahun 2020 lalu DP3AP2KB menghentikan sementara layanan keliling secara massal untuk pemasangan implant, dikarenakan covid-19.

“Sekarang dengan target 1000 itu yang sudah terlayani pada awal tahun 2021 ini akibat pandemic yang lalu di tahun 2020 mulai maret nah akibatnya pada saat itu banyak orang yg belum menggunakan akseptor pemasangan secara masal. Akibat dampak itu di tahun 2021 ini akhirnya masyarakat antusias untuk kelestarian akseptor itu maksudnya kepesertaan ber KB itu masih aktif atau tidak,makanya sampai saat ini sudah mencapai 430an yang memasang termasuk bongkar pasang  yang dilayanidan target kita 1000 dan diperkirakan bertambah terus.” Tuturnya.

Rifansyah mengaku, saat ini pihaknya gencar memberikan pelayanan keliling KB ke berbagai wilayah di Kabupaten Tabalong. selain itu iya juga mengingatkan bagi masyarakat yang ingin mendapat pelayanan implant, namun tidak terlayani melalui pelayanan keliling DP3AP2KB, maka dapat langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat. (Sherly Nova Arianti)

Next Post

Penggunaan Kontrasepsi Jangka Panjang Makin Diminati Warga Tabalong

Sen Mar 29 , 2021
TVTABALONG – Penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang, dalam beberapa tahun terakhir semakin diminati masyarakat tabalong. Beberapa diantaranya seperti pemasangan implant, IUD, tubektomi pada perempuan dan vasektomi pada laki-laki. Meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan MKJP di Tabalong, tidak lepas dari upaya yang dilakukan DP3AP2KB Tabalong, dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain […]