DP3AP2KB Minta Warga Lapor Jika Ada Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

TABALONG – Sejak akhir agustus 2021, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Tabalong, melakukan pendataan anak yang kehilangan orang tuanya akibat covid-19. Pendataan dilakukan berdasarkan instruksi kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Pendataan ini dilakukan sebagai upaya perlindungan terhadap hak-hak anak. Baik dari segi kesehatan, pendidikan, serta sandang dan pangan. Dalam pendataan ini, DP3AP2KB Tabalong menginstruksikan UPTD PPPA Bekerjasama dengan Aparat Desa Mendata di Lapangan.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, rusmadi mengatakan, saat ini jumlah anak yang sudah terdata sebanyak 12 orang, tersebar di 3 kecamatan, yakni Tanjung, Murung Pudak dan Jaro. Pendataan akan terus berlanjut sampai waktu yang belum ditentukan, dan data yang sudah didapatkan akan langsung di input ke pusat, untuk nanti menjadi pertimbangan pihak pusat dalam mengambil kebijakan.

“Nah sekarang ini kami sudah mendapat data 12 orang yang mana mereka ini sudah kami sampaikan  datanya ke kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI, yang juga oleh kementrian tentunya ini akan menjadikan bahan mereka untuk mengambil kebijakan lebih lanjut” Kata Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Rusmadi menjelaskan, pendataan sempat terkendala karena sejumlah faktor. Seperti data yang didapat dari pasien yang meninggal karena covid-19, tidak mencantumkan apakah korban memiliki anak atau tidak. Serta seringkali alamat yang dimiliki korban yang sudah meninggal tidak lengkap. Oleh karena itu rusmadi meminta masyarakat untuk membantu melaporkan jika ada anak di sekitarnya yang kehilangan orang tua akibat covid-19. DP3AP2KB Tabalong juga membuka layanan online bagi korban yang ingin melapor secara mandiri. (Maria Ulfah).

Next Post

Bernaung di Lampu Merah, Pengendara Ini Ditegur Petugas ATCS

Kam Sep 9 , 2021
TABALONG – Diduga tidak tahan dengan panasnya terik matahari, beberapa pengendara roda dua tertangkap kamera atcs berhenti dibawah pohon saat lampu merah di simpang empat tanjung selatan. Beberapa pengendara ini pun diimbau, oleh petugas ATCS Dinas Perhubungan Tabalong, agar berhenti di dalam box merah ruang henti kendaraan roda dua. Ketentuan […]