Distan Tabalong Salurkan Bantuan Bibit Jahe Merah di Muara Uya & Tanjung

TABALONG – Bibit jahe merah menjadi salah satu komoditi, yang dipilih Dinas Pertanian Tabalong dalam menyalurkan hibah bantuan yang bersumber dari APBD dua tahun 2021 bidang hortikultura. Bibit jahe merah yang diserahkan pada bulan Februari lalu ditujukan pada dua Kelompok Tani di bidang biofarmaka, yang ada di Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Tanjung.

Dua Kelompok Tani di dua kecamatan ini berinisiatif datang dan mengajukan proposal bantuan. Hal ini terwujud dengan ketersediaan dana dari APBD di bidang biofarmaka, khususnya dalam mendukung pemulihan ekonomi masyarakat. Bantuan jahe merah diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan rempah-rempah di Tabalong, karena komoditi jahe merah masih banyak diminati masyarakat.

 “nah jadi ini merupakan cikal bakal yang kita lakukan khususnya di bidang horti untuk mengembangkan jenis rempah, walaupun secara umum jahe tidak mempengaruhi di dalam hal inflasi, namun demikian karena rempah ini cukup diminati oleh masyarakat khususnya jahe merah nah kita mencoba untuk mengembangkan ini secara step by step” Kata Muhamad Abduh, Kabid Sarpras Pertanian Hortikultura Distan Tabalong.

Total bibit jahe merah yang diberikan Dinas Pertanian Tabalong berjumlah 1 ton, yang dibagi dua kelompok tani di kecamatan muara uya dan tanjung. Bibit jahe ditanam di lahan seluas 1 hektar di masing-masing kelompok tani. Selain bibit jahe merah, juga turut diberikan saprodi seperti pupuk serta pestisida. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Begini Syarat Dapatkan Bantuan Bibit Jahe Merah…

Sen Jul 12 , 2021
TABALONG – Dinas Pertanian Tabalong telah mneyalurkan bantuan bibit jahe merah sebanyak 1 ton untuk dua Kelompok Tani di Tabalong pada Februari lalu. Dinas Pertanian sendiri telah menetapkan syarat khusus, dalam penyaluran bantuan yang bersumber dari dana APBD dua distan tersebut, yaitu khusus bagi petani karet yang menerapkan pola tanam […]