Distan Tabalong Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Meningkat

TABALONG – Dinas Pertanian Tabalong memprediksi permintaan hewan kurban untuk tahun ini meningkat, dibanding tahun lalu. Namun prediksi kenaikan tidak terlalu signifikan, lantaran masyarakat masih bergelut dengan pandemi covid-19.

Terhitung  untuk tahun lalu, secara keseluruhan permintaan hewan kurban mencapai 947 ekor. Terdiri dari 662 ekor sapi, 23 kerbau, dan 262 kambing. Kasi Kesmavet P2HP, Dinas Pertanian Tabalong, Karnadi Elham, memastikan stik ternak untuk emmenuhi permintaaan kurban tercukupi. Pasalnya panitia dan penyedia hewan kurban mendatangkannya dari luar.

 “kalau stok sapi dan kambing untuk qurban sebenarnya tidak kurang, dalam arti bukan populasi dari tabalong, maksudnya stoknya tercukupi karena ee para panitia qurban atau penyedia sapid an kambing itu mendatangkan dari luar, jadi untuk stok tidak bermasalah, tercukupi.” Kata Karnadi Elham- Kasi Kesmavet P2HP Distan Tabalong.

Karnadi menambahkan, hewan kurban yang menjadi favorit masyarakat tabalong untuk sapi adalah jenis sapi bali dan kambing hasil peranakan jantan etawa dan betina lokal. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

2 Pekan Jelang Idul Adha, Permintaan Hewan Kurban Meningkat

Sab Jul 3 , 2021
TABALONG – Dua pekan menjelang Idul Adha, permintaan hewan kurban meningkat di kalangan penjual. Sapi dan kambing menjadi jenis hewan ternak yang paling dominan dipilih warga tabalong untuk berkurban. Salah satu pedagang hewan kurban yang telah kebanjiran pesanan adalah Rusmadi. Warga Kelurahan Hikun ini mengaku telah mendatangkan 50 ekor sapi […]