Distan Tabalong Ingin Sapi Milik PT AML Dititipkan Ke Peternak Lokal

TABALONG – Dinas Pertanian Tabalong melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Agri Multi Lestari, perusahaan yang bergerak di bidang peternakan di Tabalong. Penjajakan dilakukan Dinas Pertanian dengan mendatangi perusahaan yang berada di Cakung Desa Kasiau Raya ini, pada 12 Agustus 2021.

Perusahaan ini saat ini memiliki 164 ekor sapi, dengan ketersediaan kandang tertutup. Pihak perusahaan pun kadang kesulitan memenuhi pakan harian sapi jika dihitung standar pakan minimal 5 kilogram per ekor. Hal inilah yang dilihat Dinas Pertanian Tabalong sebagai potensi yang bisa dikerjasamakan untuk mensejahterakan peternak dan petani di Tabalong.

Dari dasar itu, Dinas Pertanian merencanakan 3 poin yang akan dikerjasamakan dengan Pt AML. Pertama Distan ingin membentuk mitra kerja antara PT AML dengan peternak di Tabalong, agar sebagian sapi perusahaan bisa dititipkan ke peternak di Tabalong. Poin kedua terkait kerjasama pengadaan pakan ternak dari limbah pertanian seperti padi dan jagung yang dibeli dari petani. Dan ketiga membeli limbah hewan ternak dari petani untuk diolah menjadi pupuk di perusahaan.

 “jadi kami mendorong supaya yang pertama pt aml melakukan kemitraan dengan peternak, jadi mereka bias menitipkan sapi-sapinya kepada petani di tabalong, kami jug amengharapkan pt aml bias bekerjasama untuk pemenuhan pakan disini dengan cara membeli limbah padi atau jagung, yang ketiga kami juga berharap sekali karena pt aml juga memproduksi pupuk kandang untuk memenuhi reklamasi pt adaro, pt aml diharapkan juga bias bekerjasama dengan peternak tabalong untuk menyerap kotoran ternaknya untuk bahan baku pupuk kandang” Kata Syam’ani- Plt Distan Tabalong.

Section head PT.Agri multi lestari, roisul ustad, mengatakan, melalui rencana kerjasama ini, pihaknya akan bekerjasama secara kooperatif, sehingga menghasilkan kerjasama yang bermanfaat luas, baik bagi petani dan perusahaan.

 “jadi kami siap membantu atau mendampingi dinas pertanian dalam hal meningkatkan sektor-sektor pertanian atau pun peternakan yang ada di tabalong yang harapannya bias saling mendampingi atas aktivitas yang kita laksanakan saat ini” Kata Roisul Ustad- Section Head PT. AML.

Sebelum adanya rencana kerjasama, pihak perusahaan sendiri sebelumnya telah melakukan pembelian pakan dari petani, serta pembelian fases sapi untuk diolah menjadi pupuk. Namun melalui kerjasama ini, pihaknya dan Dinas Pertanian memiliki legalitas tertulis. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Pelayanan Online Disdukcapil Diperpanjang Hingga 23 Agustus 2021

Sab Agu 14 , 2021
TABALONG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong sejak 10 Agustus lalu, memperpanjang pelayanan online hingga 23 Agustus mendatang. Hal ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran Bupati Tabalong akibat dari perpanjangan PPKM level tiga. Kepala Disdukcapil Tabalong, Suryanadie memastikan, perpanjangan pelayanan online ini, tidak akan mengganggu pelayanan administrasi kependudukan. […]