Distan Tabalong Bakal Bagikan 12 Ribu Ekor Itik ke Kelompok Tani

TVTABALONG – Dinas Pertanian Tabalong, berencana kembali melanjutkan program pemulihan ekonomi super prioritas berupa bantuan itik  siap telur,  pada triwulan kedua tahun 2021. Pasalnya itik merupakan komoditi yang cepat menghasilkan dan dapat dinikmati masyarakat secara langsung.

Sama seperti tahun 2020 lalu, itik siap bertelur yang nantinya akan dihibahkan ke kelompok tani berjumlah 12 ribu ekor. Dalam hal ini Dinas Pertanian Tabalong menggunakan 2 jenis itik unggul, berupa itik alabio dan itik MA, hasil silang itik mojosari dan alabio.

Bantuan itik siap telur ini, juga dari karena tingginya angka konsumsi telur di Tabalong, yang mencapai 44 juta butir per tahun. Sedangkan produksi telur ayam lokal hanya memenuhi 4 juta butir. Sehingga tabalong harus mendatangkan telur dari luar untuk memenuhi kebutuhan lokal. Kondisi inilah yang dinilai sebagai potensi, dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, terutama di saat pandemi.

Secara total saat ini kebutuhan telur di Kabupaten Tabalong untuk konsumsinya adalah 44 juta 5 ratus 13 ribu 807 butir telur per tahun, itu yang terdiri dari itik, ee telur ayam ras itu sekitar 32 juta, dari 32 juta ini untuk telur ayam ras kita baru menghasilkan 15 persen nya sekitar 4 jutaan, jadi yang 28 juta butir dalam setahun itu masih mendatangkan dari luar, oleh karena itu sesuai dengan arahan pak bupati kita mengembangkan telur lokal, potensi telur lokal adalah telur itik jadi sebagian bisa menggantikan telur ayam ras yang dipakai untuk program raskin kalau dulu program raskin menggunakan telur ayam kalau sekarang menggunakan telur itik untuk mengurangi ketergantungan dari luar maksudnya.” kata Plt Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Saswoko.

Saswoko menambahkan, setiap tahunnya Tabalong mampu menghasilkan telur itik antara 8 sampai 9 juta butir per tahun. Dengan bantuan 12 ribu ekor itik siap telur, diharapkan mampu meningkatkan produksi telur lokal. (Arie Arieyadi).

Next Post

Pulihkan Ekonomi Terdampak Covid-19, Distan Tabalong Akan Hibahkan Sapi & Kambing

Jum Apr 23 , 2021
TVTABALONG – Dinas Pertanian Tabalong tahun ini kembali mempersiapkan bantuan ternak berupa kambing dan sapi bagi Kelompok Tani di Tabalong. Kedua jenis ternak ini dinilai perlu ditingkatkan ketersediaannya untuk konsumsi masyarakat. Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Tabalong Saswoko menjelaskan, meski tidak masuk dalam kategori super prioritas seperti bantuan itik siap […]