Dispersip Tabalong Ingatkan Pentingnya Ilmu Kearsipan Bagi Pemerintahan

TVTABALONG – Bimtek tertib arsip bagi Perangkat Desa dan Kelurahan yang difasilitasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tabalong, diisi sejumlah narasumber yang berkompeten di bidang kearsipan. Terdiri dari beberapa background pemerintahan, yang seirama menekankan pentingnya arsip dalam sebuah pemerintahan.

Sebanyak 3 narasumber dari berbagai lembaga, mengisi bimtek tertib arsip ini. Dari anggota DPRD Tabalong selaku konsultan arsip, kemudian dari inspektur daerah Tabalong, dan kepala bagian organisasi tata laksana Setda Tabalong.

Masing-masing narasumber menyampaikan materi berbeda, seperti pengelolaan arsip di tingkat desa dan kelurahan, tata naskah Dinas di lingkungan Pemerintah Tabalong, arsip pembuktian keuangan setiap aktivitas atau transaksi mulai dari kegiatan pelayanan sampai pada kegiatan pengambilan keputusan.

Inspektur Daerah Tabalong, Yuzan Noor menilai, bimtek tertib arsip yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong merupakan langkah bijak, terlebih bimtek dilaksanakan sampai ke tingkat Desa. Pasalnya Desa saat ini memiliki pemasukan anggaran yang cukup tinggi. Sehingga bimtek dapat mempermudahkan Aparatur Desa dalam mengelola administrasi berkas kelengkapan pengelolaan dana Desa, agar dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

 “Karena peraturan yang mewajibkan kepada mereka yang bertugas mengelola arsip bertugas mengelola arsip dan mempertanggungjawabkan secara utuh, utuh itu artinya lengkap dan akuntable dapat di pertanggungjawabkan jadi sekali lagi ini sangat bagus semua aparatur Pemerintah sampai ke tingkat desa agar memahami, mengerti kemudian melaksanakan apa yang di berikan dalam bimtek seperti ini.” Kata Inspektur Daerah Tabalong, Yuzan Noor.

Anggota DPRD Tabalong yang juga merupakan konsultan kearsipan, muchlis mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong. Ia berharap bimtek tertib arsib dapat meningkatkan kapasitas aparatur desa maupun kelurahan di bidang pengelolaan surat menyurat.

“Khususnya di pemerintahan desa itu kedepannya sudah memahami sudah mengetahui bagaimana mengelola surat itu yang baik, bagaimana menangani surat yang baik termasuk bagaimana mengarsipkan surat yang baik, nah ini harapan kita kami berterimakasih kepada bidang arsip yang ada di dinas ini didalam upaya keinginan membangun tabalong ini dengan baik.” Tutur Konsultan Kearsipan, Muchlis.

Pasca bimbingan teknis kepada Aparatur Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Tabalong kedepannya akan kembali melaksanakan hal serupa, kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tabalong, yang akan di laksanakan bertahap. (Gazali Rahman).

Next Post

Perangkat Desa & Kelurahan Diajarkan Praktik Pengelolaan Arsip

Sen Apr 12 , 2021
TVTABALONG – Pelaksanaan bimbingan teknis tertib arsip pada hari kedua, 8 April 2021, yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tabalong, fokus para praktik tata cara pengelolaan arsip. Kali ini peserta yang merupak perangkat desa dan kelurahan diminta mempraktikkan cara pengelolaan arsip dinamis, arsip aktif maupun arsip in-aktif. Pembersihan hingga […]