Disperindag Koordinasikan Kelangkaan Bahan Pangan ke Pihak Distributor

TABALONG – Bencana banjir yang melanda kalimantan selatan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah permasalahan, salah satunya pendistribusian bahan makanan ke berbagai daerah.

Di Tabalong sendiri pasokan sejumlah komoditas berkurang drastis hingga menyebabkan kelangkaan. Rabu (20/01).

Hal tersebut pun berdampak pada harga pasar, salah satunya telur ayam. Dalam 4 hari terakhir peredaran telur ayam berkurang bahkan hampir tidak ada.

Harganya pun melambung tinggi. Komoditas lain yang juga mengalami kelangkaan adalah beras unus, yang umumnya merupakan komoditas dari Kabupaten Banjar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tabalong Husin Ansari menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan distributor telur ayam ras di Banjarmasin, Pelaihari maupun Martapura, untuk mengirimkan telur secepatnya saat kondisi telah memungkinkan.

“Yang komoditas dari luar daerah itu selain dari telur ada juga dari sayuran yang mengakibatkan lahan terendam, selain di tempat kita di tempat lain juga terendam sehingga mengakibatkan ke langkaan dan harga juga naik, komoditas lain yang kita kita datangkan dari luar itu jenis beras unus biasanya kita mendatangkan dari Kabupaten Banjar.” Ungkapnya.

“Jadi kemarin kami sudah berkoordinasi dengan distributor Banjarmasin maupun Pelaihari agar bisa mengirimkan telur ke Kabupaten Tabalong dan Alhamdulillah di respon baik oleh distributor.” Terang Husin menambahkan.

Husin berharap kegiatan pihaknya dalam memfasilitasi antara agen dan distributor, dapat mengembalikan stabilitas stok pangan di Kabupaten Tabalong. Sehingga harga dapat kembali normal. (Maimun)

Next Post

Pasca Banjir, Sayuran Mengalami Kenaikan Harga

Jum Jan 22 , 2021
MURUNG PUDAK – Harga beberapa jenis sayuran di pasar mengalami kenaikan. Rabu (20/01). Kenaikan tarjadi lantaran pasokan sayur ke Tabalong berkurang. Pasalnya sebagian kebutuhan sayur dipasok dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Namun banjir merendam hampir seluruh wilayah di kabupaten tersebut, sehingga pasokan sayur berkurang dan menyebabkan harganya naik di pasaran […]