Diskop UKM Tabalong Data Koperasi & UKM Terdampak Covid-19

Tabalong – Dinas Koperasi dan UKM Tabalong telah melakukan pendataan koperasi dan UKM yang terdampak pandemi covid-19, pada jumat 17 april 2020. Pendataan ini merupakan tindak lanjut dari surat sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI nomor 174 tahun 2020, yang kemudian ditindaklanjuti surat dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel nomor 518 tahun 2020.

Pendataan dilakukan via online, dan tercatat sebanyak 32 koperasi dan UKM di Tabalong, mendaftarkan lembaganya sebagai yang terdampak pandemi covi-19. Pendataan ini ditujukan pada koperas terdampak, UKM terdampak, dan pekerja, atau karyawan, atau anggota yang terdampak. Data kemudian disampaikan pada Kementerian Koperasi dan UKM.

Kepala Diskop UKM Tabalong, Muhammad Faisal menjelaskan, omset koperasi dan UKM di tabalong mengalami penurunan 20 hingga 30 persen selama terjadinya pandemi covid-19 ini. Ia menjelaskan sejumlah faktor yang mengakibatkan hal tersebut, seperti usaha simpan pinjam koperasi yang banyak terjadi penundaan pembayaran angsuran karena dampak covid-19 ke ekonomi masyarakat. Lalu UKM yang mengalami kesulitan pendistribusian pasar, sehingga menyebabkan omset menurun, yang kemudian juga mempengaruhi proses produksi.

“Kami menghimbau kepada kawan-kawan pengurus rekan koperasi dan UKM, tetap bersemangat untuk tetap melakukan kegiatan, biar bagaimana pun ini bukan hanya terjadi di daerah kita tetapi ini bahkan seluruh dunia. Sehingga untuk itu yang penting tetap semangat, bisa melakukan inovasi untuk melakukan kegiatan usaha dan bisa memantaskan produk dengan kebutuhan di pasar, jangan sampai menimbulkan nanti misalnya over produksi dan mengakibatkan kerugian bagi usahanya.” Kata Faisal.

Selain pendataan dari Kementerian melalui Dinas Koperasi dan UKM, Pemerintah Tabalong juga melakukan pendataan tersendiri melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan. Disampaikan Muhammad Faisal, hingga saat ini sudah tercatat 104 koperasi dan UKM, yang terdampak covid-19 di Tabalong. (Alfi)

Next Post

Pemilihan Gubernur Kalsel 2020 Ditunda, KPU Siapkan 3 Alternatif Waktu

Jum Apr 24 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yang rencananya akan dilakukan pada bulan april 2020 resmi ditunda. Penundaan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Hal ini dijelaskan Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Tabalong bersama Komisi […]
error: