Dinkes Tabalong Siap Cegah Dan Tangani Covid-19


Tabalong – Dinas kesehatan Tabalong menyiapkan langkah-langkah dalam mencegah dan menanggulangi masuknya virus corona ke Tabalong. Fasilitas kesehatan telah disiapkan untuk membantu dinas kesehatan melakukan screening dan observasi.

Meski tidak ada ditemukan indikasi pasien virus corona atau covid-19 di kabupaten Tabalong, namun dinas kesehatan tetap melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan masuknya virus asal cina tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir dampak negatif, jika virus tersebut masuk ke Tabalong.

Upaya pencegahan dini yang dilakukan dinas kesehatan Tabalong, memberikan edukasi ke masyarakat terkait covid-19, melalui fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Selain itu faskes juga diminta untuk bersiaga, terutama fasilitas rujukan jika ada indikasi pasien pengidap covid-19.

Kepala dinas kesehatan Tabalong, dokter taufiqqurahman hamdie menjelaskan, pihaknya akan melakukan screening dan observasi jika ada kasus indikasi stsu suspek covid 19. Pihaknya juga telah menyiapkan s-o-p evakuasi, dengan syarat dan kaidah sesuai anjuran medis.

“sesuai dengan arahan kemenkes kita juga sudah adakan edukasi kepada pihak masyarakat terkait pencegahannnya, yang kedua kita juga siapkan fasilitas kesehatan terutama sarana untuk proses rujukan ke dua rumah sakit di kalimantan selatan yang menjadi rumah sakit khusus menangani corona, yaitu rumah sakit ulin banjarmasin, dan rumah sakit h. Boedjasin pelaihari.kata taufiqurrahmah hamdie.

Dokter taufiq menambahkan, sebelumnya bupati Tabalong dan sejumlah dinas terkait telah melakukan rapat koordinasi dalam persiapan merumuskan langkah kedepan untuk tindak pencegahan serta penanggulangan wabah corona, yang digelar 16 maret 2020. (Rangga)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Dinkes Himbau Masyarakat Periksakan Diri Ke Faskes Jika Alami Gejala Covid-19

Sel Mar 17 , 2020
Tabalong – Mengenali gejala awal terpapar virus corona wajib diketahui masyakat, agar mendapat penanganan yang tepat. Bahkan Dinas Kesehatan Tabalong mengimbau masyarakat yang mengalami gejala klinis, terutama mereka yang baru pulang dari perjalanan, untuk segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan. Dinas kesehatan Tabalong mengimbau masyarakat untuk mengenali gelaja klinis paparan […]