Dinkes Tabalong Ingatkan Pentingnya PIRT Untuk Produk Makanan

TVTABALONG – Kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri (PRIMA), yang mendapatkan pelatihan keterampilan tata boga dari DP3AP2KB Tabalong, juga dibekali pengetahuan keamanan pangan, dan cara perizinan pangan untuk produk industri rumah tangga. Pembekalan disampaikan Kepala Seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan dinas Kesehatan Tabalong, Aulia Abdus salam, saat membuka pelatihan pada 5 April 2021 di Kecamatan Jaro.

Aulia menjelaskan, makanan yang diolah industri rumah tangga harus memenuhi persyaratan keamanan makanan. Seperti terbebas dari berbagai jenis cemaran, baik biologis, kimia, bakteri, jamur, benda fisik, dan benda asing.

“Makanan yang diolah harus memenuhi persyratan keamanan pangan, yaitu bebas dari cemaran, ada 3 cemaran yang harus diperhatikan, ada cemaran biologis, cemaran bakteri mupun jamur, maupun cemaran virus, kemudian ada cemaran kimia, baik itu cemaran kimia yang dari secara langsung, sengaja atau tidak sengaja tercampurkan dalam produk makanan, kemudian ada juga cemaran benda fisik atau cemaran benda asing, itu yang tidak boleh tercampurkan dalam produk makanan tersebut.” Jelasnya.

Aulia juga menyampaikan tentang perizinan produk pangan yang diberikan Pemerintah Daerah, berupa izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Izin diberikan melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu satu pintu, melalui rekomendasi dari Dinas Kesehatan. Izin PIRT diberikan sebelum produk pangan dipasarkan, untuk memastikan produk pangan dalam kondisi aman dan bermutu, untuk konsumsi. (Maria ulfah).

Next Post

Produk Olahan Makanan Potensial Jadi Oleh-Oleh Khas Jaro

Rab Apr 7 , 2021
TVTABALONG – Pelatihan keterampilan bagi kelompok PRIMA yang diberikan DP3AP2KB Tabalong di aula kantor Kecamatan Jaro, pada senin 5 April 2021, mendapat tanggapan positif dari Camat Jaro. Pelatihan keterampilan yang diberikan berupa pembuatan berbagai produk olahan pangan, mulai dari siomay ikan, kacang telur, bakso ayam, dan sempolan ayam. Jenis produk […]