Dinkes Tabalong Gelar Bimtek Kegawatdaruratan Persalinan

TVTABALONG – Dinas Kesehatan Tabalong, memberikan pembekalan pada perwakilan Kader Puskesmas se Tabalong pada 2 Juni 2021 di Gedung Sarabakawa Tanjung. Pembekalan yang diberikan kali ini terkait pengenalan tanda kegawatdaruratan persalinan.

Pasalnya proses persalinan merupakan momen yang tidak bisa ditebak situasinya dan memiliki resiko kematian yang tinggi.  Karena itu, para kader diajarkan cara penanganan yang tepat  dalam mengupayakan pencegahan kematian ibu dan anak dalam proses mengandung hingga melahirkan.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie menyampaikan pentingnya mengetahui tanda kegawatdaruratan dan meperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil. Karena menurutnya ibu yang sehat akan menghasilkan anak yang sehat, begitu pula sebaliknya.

“Jadi hari ini adalah peningkatan kapasitas kader dalam kegawatdaruratan persalinan Jadi kami mengumpulkan seluruh kader dari seluruh Puskesmas Kabupaten Tabalong untuk diberikan pengenalan pengenalan ya masalah kegawatdaruratan. Tadi sudah kita sampaikan waktu-waktu kapan ibu itu akan mengalami kematian kemudian penyebab penyebab kematiannya ya, kemudian tanda-tanda bahaya. Ya ini tentu saja memberikan kontribusi berpengaruh terhadap angka kematian pada bayi,Ibu sehat otomatis bayi juga akan sehat nah kalau ibu dalam kondisi sakit maka bayi yang dilahirkan juga.  karena kita ketahui salah satu penyebab terbanyak dari angka kematian bayi itu adalah karena BBLR berat badan lahir rendah itu disebabkan karena proses kehamilan yang mungkin tidak terjaga dari sisi gizi dari sisi kesehatan yang lainnya” Kata dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Dengan pembekalan ilmu dalam mengenali tanda kegawatdaruratan persalinan, para kader diharapkan dapat siap siaga di daerah nya masing-masing sebagai ujung tombak dan  perpanjangan tangan dari petugas kesehatan, dalam upaya pencegahan kematian ibu dan anak. (Maria Ulfah).

Next Post

DPRD Kukar Lirik Sistem E-Voting Pilkades Tabalong

Rab Jun 9 , 2021
TVTABALONG – Komisi IV DPRD Kabupaten Kutai Karta Negara, melakukan studi komparatif terkait smart city ke Tabalong pada 4 Juni 2021. Rombongan diterima dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Tabalong, di Aula Tanjung Puri Setda Tanjung. Dalam studi komparasi ini, koisi empat kukar menyoroti pemilihan Kepala Desa di Tabalong, pada tahun […]