Dinilai Mampu Dorong Pengembangan Ekonomi, Pemkab Tabalong Sambut Positif Program RIRU

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong mengikuti sosialisasi fungsi dan peran regional investor relations unit (RIRU) secara virtual, pada 29 Maret 2021, di Aula Nan Sarunai Setda Tabalong. Program yang difasilitasi oleh Bank Indonesia ini, berfungsi untuk mengelola informasi dan menjaga persepsi positif ekonomi suatu daerah, sehingga menarik minat investor. RIRU juga berperan mendorong investasi dan perdagangan, serta membuka peluang investasi dan potensi pasar, termasuk komoditas unggulan.

Untuk merealisasikan fungsi dan perannya, RIRU melakukan berbagai kegiatan, mulai dari identifikasi dan persiapan proyek investasi, mempromosikan proyek investasi yang didukung oleh materi daerah, hingga mengupayakan proses matchmaking yang lebih terencana, antara investor dengan potensi investasi daerah.

Asisten ekonomi dan pembangunan Setda Tabalong, Yuhani berharap, melalui RIRU ini pengembangan ekonomi semakin baik, khususnya di Kalimantan Selatan. pasalnya dari sosialisasi yang disampaikan, Yuhani menilai program RIRU berpotensi mendorong pengembangan ekonomi, sebagaimana yang sudah dijalankan di Provinsi Jawa Tengah.

“Ini dibentuk di Provinsi, Kabupaten tentu akan mendukung bagaimana agar investasi ini akan berkembang, tentu dari dukungan-dukungan kabupaten nanti pengembangan ekonomi kita semakin baik, khususnya di Kalimantan Selatan. Kalau yang sosialisasi ini dicontohkan di Jawa Tengah, ini udah jalan dan memang bagus itu, mereka sudah bisa berkembang melalui RIRU kemudian ada GIRU.” Tuturnya.

Yuhani menuturkan, kedepan Pemkab Tabalong akan menunggu perkembangan program RIRU di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Kemudian menentukan sektor yang dapat diinvestasi, misalkan seperti UMKM, pertanian, ataupun kehutanan. (Alfi Syahrin).

Next Post

Bahas Realisasi & Capaian Kerja Dinsos, Komisi I DPRD Tabalong Minta Perbaikan Ini...

Sel Mar 30 , 2021
TVTABALONG – Komisi I DPRD Tabalong menyampaikan sejumlah masukan kepada Dinas Sosial Tabalong terkait laporan keterangan pertanggung jawaban tahun anggaran 2020, pada rapat kerja yang digelar 29 Maret 2021. Dalam rapat ini Komisi I meminta Dinas Sosial untuk menjabarkan secara detail terkait indikator penyandang pemerlu kesejahteraan sosial. Pasalnya berdasarkan permensos, […]