Di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenag Tabalong Minta Masyarakat Bayar Zakat Fitrah Lebih Awal

Tabalong – Kementerian Agama Tabalong bersama Majelis Ulama Indonesia dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tabalong telah menetapkan kadar zakat fitrah tahun 1441 H. Penentuan adar zakat fitrah mengacu pada harga beras di pasaran saat ini.

Dalam rapat ini telah ditetapkan kadar zakat fitrah tabalong berkisar antara 25 ribu hingga 43 ribu rupiah per orang. Untuk kadar zakat terendah berdasarkan harga beras dihitung sebear 25 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk golongan menengah 36 ribu rupiah per orang, dan tertinggi 43 ribu rupiah per orang.

Penyusun Bahan Pemberdayaan Amil Zakat, Irfan Wahyuni mengatakan penghitungan kadar zakat tahun ini dilaksanakan lebih awal dari tahun sebelumnya. Sehingga masyarakat dapat membayarkan zakat fitrah lebih awal.

”perhitungan zakat fitrah yang kami ambil ini berdasarkan pada peraturan menteri agama no 52 tahun 2014 pasal 30 ayat satu dua dan tiga dimana dalam pasal tersebut disebutkan bahwa tata cara perhitungan zakat fitrah itu minimal 2,5 kilo gram atau 3,5 liter bila dikonfimasikan dengan uang tetap mengacu kepada 2,5 kilog ram atau 3,5 liter per jiwa.” Kata Irfan.

Irfan Wahyuni menambahkan untuk tahun ini harga beras mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya berkisar tiga ribu sampai lima ribu rupiah. Untuk tahun ini pihanynya berharap pengelola zakat di masjid, langgar atau mushola yang ada di Kabupaten Tabalong agar sesegeranya membentuk kepanitian zakat fitrah. (Munawarah)

Next Post

Korpri Tabalong Bantu APD & Suplemen Untuk Petugas Medis

Sab Apr 25 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Berbagai dukungan terus mengalir pada Tim Gugus Tugas Pencegahan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Tabalong. Tepatnya pada 22 April 2020 lalu Korpri Tabalong menyalurkan dukungannya berupa bantuan untuk tim medis maupun masyarakat, yang diserahkan melalui Ketua Tim […]
error: