Deteksi Dini Rabies Pada Hewan, Berikut Beberapa Gejalanya…

TABALONG – Rabies merupakan virus mematikan dari hewan dan dapat menyebar ke manusia melalui air liur hewan yang terinfeksi. Rabies biasanya menyebar melalui gigitan hewan, seperti anjing, kucing, monyet, dan beberapa hewan lainnya.

Mengetahui tanda-tanda rabies pada hewan sangat penting, terutama bagi seseorang yang memiliki hewan peliharaan di rumahnya.  Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabalong, Dokter Suwandi memaparkan, ada beberapa gejala yang menunjukan bahwa hewan peliharaan kemungkinan terinfeksi rabies.

“Jadi tanda-tandanya apabila hewan terkena rabies yang pertama itu adalah hewan itu takut dengan air, yang kedua dia tidak mau makan dan cenderung di tempat yang gelap, apabila kita panggil dia tidak respon lagi ya, tidak friendly lagi, yang berikutnya ia mengeluarkan saliva atau air liur ya, nah apabila ia mengeluarkan air liur dan menggigit manusia nah itu yang membahayakan karena salivanya atau air liurnya itu mengandung virus rabies, apabila masuk ke dalam tubuh manusia ia menyerang pada susunan saraf menuju ke otak apabila sudah sampai ke otak bisa menimbulkan kematian” Kata Kepala Seksi Kesehatan Hewan – Dokter Suwandi.

Jika hewan peliharaan menunjukan gejala rabies, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengikat atau mengurung hewan tersebut. Kemudian menghubungi dinas pertanian guna diobservasi secara  langsung sehingga dapat diambil sampel untuk diperiksa.  (Maria Ulfah).

Next Post

Sambut Hari Rabies Sedunia, Distan Tabalong Gelar Vaksinasi Rabies Gratis Bagi Hewan Peliharaan

Sen Sep 27 , 2021
TABALONG – Dinas Pertanian Tabalong menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Mabuun pada 23 September 2021. Pemberian vaksin rabies gratis ini dalam rangka menyambut hari rabies sedunia yang jatuh setiap tanggal 28 September. Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Dokter Suwandi mengatakan,kegiatan ini akan terus rutin dilakukan, sebagai upaya pemberantasan hewan […]