Deteksi Dini Berperan Penting Tekan Angka Kematian Ibu & Bayi

TVTABALONG – Dinas Kesehatan Tabalong menggelar pertemuan sinergitas dan komitmen menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian anak bayi tingkat Kabupaten Tabalong pada 10 Juni 2021 di tanjung. Pertemuan ini dibuka Sekretaris Daerah Pemkab Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji, dengan dihadiri pihak terkait seperti keoala bappeda dan DP3AP2KB Tabalong.

Sekretaris daerah Setda Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji dalam sambutannya mengharapkan pelayanan riwayat kesehatan ibu hamil dan bayi dapat diinovasikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, berbasis digital. Sangadji berharap, inovasi ini dapat memudahkan petugas dalam memberikan pelayanan yang tepat dan cepat bagi ibu dan bayi. Sehingga diharapkan angka kematian ibu dan bayi dapat menurun.

aplikasi yang bisa diakses semua orang kemudian memberikan informasi dan apa namanya di sistem sistem kesehatan baik itu klinik rumah sakit swasta sehingga ketika ada pelayanan cepat ini ada data riwayat kehamilan seperti ini dan perkembangannya seperti ini nah ini harus kita cermati kematian ini dan penanganan ketika kelahiran saja tapi jauh jauh sebelumnya harus sudah dipersiapkan.” Kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji.

Menanggapi arahan sekda Tabalong, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie membenarkan bahwa data deteksi dini sangat penting bagi penanganan ibu hamil dan bayi. Sehingga pihaknya saat ini juga mengupayakan agar riwayat pelayanan kesehatan ibu dan bayi terintegrasi.

kita itu memang data data deteksi dini sangat penting hingga sampai saat ini bagian bagian integrasi pelayanan kita itu harus mendapatkan informasi secepatnya sehingga sesuai kapasitasnya sehingga bisa mempersiapkan jadi sebetulnya sejak dari bawah itu faktor resiko ibu hamil yang memiliki faktor resiko tadikan dihimbau pada pak camat untuk bagaimana sebagai pimpinan daerah bisa mengetahui ibu ibu hamil memiliki faktor resiko.” Kata Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie.

Pertemuan sinergitas dan komitmen ini juga turut menghadirkan perwakilan kantor kementerian agama, pihak rumah sakit, baik RSUD maupun RSPT, tim penggerak PKK Tabalong, para camat serta kepala puskesmas se tabalong. Dalam pertemuan ini dinas kesehatan tabalong mengingatkan pentingnya sinergi dan komitmen peserta yang hadir, dalam menekan angka kematian ibu maupun bayi di Tabalong. (Al Munawarah).

Next Post

Dukung Budidaya Ikan Skala Kantoran, Diskan Tabalong Serahkan Bibit

Sen Jun 21 , 2021
TVTABALONG – Dinas Perikanan Tabalong menyerahkan bantuan bibit ikan nila dan biawan kepala badan penanggulangan bencana daerah tabalong pada 11 Juni 2021. Bibit ikan ini ditebar di kolam kantor BPBD Tabalong, untuk mendukung program pembinaan budidaya ikan. Sekretaris Dinas Perikanan Tabalong,Ahmad Robbyani menjelaskan, bantuan Dinas Perikanan dari balai benih ikan […]