Desa Nalui Raih Piagam Penghargaan Utama P2K2 Tingkat Provinsi

TABALONG – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, berencana terus melakukan pendampingan pada Desa Nalui Kecamatan Jaro. Kamis (28/01).

Hal ini lantaran pada pertengahan desember 2020 lalu, Desa Jaro berhasil meraih penghargaan kategori utama sebagai desa pelaksanaan peningkatan kualitas keluarga (P2K2), se-provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam penilaian P2K2, terdapat 5 kompenen ketahanan keluarga yang dibangun di Desa Nalui. Yakni landasan legalitas struktur, kesetaraan dan kemitraan gender dalam keluarga, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial psikologi, dan ketahanan sosial budaya.

Kepala DP3AP2KB, Rusmadi menjelaskan pihaknya akan terus melakukan pendampingan pada Desa Nalui untuk meningkatkan kegiatan di 5 komponen penilaian.

Bukan untuk penghargaan, namun pendampingan dilakukan agar tujuan P2K2 dapat menyebar luas, tidak hanya bagi Desa Nalui, tetapi juga daerah di sekitarnya.

 “nah untuk tahun 2021 kita tetap memonitoring terhadap desa nalui ini karena memang rencana aksi kita di tahun 2021 ini belum terwujud sepenuhnya tetap kita monitoring untuk diberikan pendampingan khususnya seperti bbi yanga ada di desa nalui” Ucapnya.

Rusmadi juga menjelaskan saat ini pihaknya telah menghimpun pihak Kecamatan untuk kembali menunjuk Desa perwakilan P2K2, agar diseleksi di tingkat kabupaten dalam ajang P2K2 tahun 2021.

Tahun ini pihaknya juga menargetkan penghargaan kategori utama P2K2 di tingkat Provinsi Kalsel. (Maimun).

Next Post

Meski Pandemi, Warga Kasiau Raya Tetap Produktif Bertani Karena Ini…

Rab Feb 3 , 2021
MURUNG PUDAK – Meski dilanda pandemi covid-19, warga Desa Kasiau Raya Kecamatan Murung Pudak, tetap produktif untuk mengembangkan potensi pertanian. Minggu (31/01). Dengan mulai dilakukannya diversifikasi, atau keanekaragaman pertanian, mayoritas warga yang awalnya bertani padi dan berkebun karet, kini juga berkebun tanaman hortikultura. Hal ini dikarenakan warga Desa Kasiau Raya […]