Desa Manduin & Desa Namun Bakal Dicanangkan Jadi Desa Bebas Narkoba

TVTABALONG – Di tahun 2021 ini, pemerintah kabupaten tabalong berencana mencanangkan desa bersih dari narkoba atau desa bersinar. Badan kesatuan bangsa dan politik tabalong telah merencanakan 2 desa yang akan dijadikan desa bersinar tahun ini, yaitu desa manduin kecamatan muara harus, dan desa namun kecamatan jaro.

Kepala Badan Kesbangpol Tabalong, Rahadian Noor, menjelaskan 2 Desa tersebut dipilih sebagai target desa bersinar lantaran berpotensi banyak terjadi peredaran narkoba. Penetapan taregt desa bersinar ini pun emrupakan ususlan pemerintah desa, untuk menanamkan rasa malu pada pemakai narkoba.

 “Sebenarnya tujuan dari pencanangan desa bersinar, bukan Desa itu bersih dari narkoba, tidak!, justru Desa itu berpotensi banyak terjadi peredaran narkoba, makanya sebagai wujud untuk budaya malu kepada masyarakat, program itu dimasukkan ke Desa bersinar, ini inisiatif dari perangkat Desa, dari pihak desa yang meminta, yang mengusulkan ke BNNK untuk dicanangkan.” Jelas Kepala Badan Kesbangpol Tabalong, Rahadian Noor.

Sebagai desa bersinar, Desa Manduin dan Desa Namun akan mendapat binaan dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tabalong. Pembinaan akan dilakukan hingga ke lapisan terbawah, masyarakat, komunitas, bahkan hingga ke lapisan keluarga.

 “Pembinaan ini, selain kita melakukan pembinaan di instansi pemerintah, tentu kita juga menyentuh ke lapisan yang bawah, artinya masyarakat, komunitas,sampai terkecil itu keluarga, seperti BNN juga menggandeng BKKBN, ini adalah salah satu strategi kami, bagaimana caranya membentuk suatu ketahanan keluarga, tahan terhadap narkotika, tahan terhadap godaannya, dan kalau perlu membentuk militansi dari keluarga itu, berani mengatakan tolak narkoba, beani memerangi narkoba.” Kata Kepala BNNK Tabalong, Ricky Lesmana.

Pencanangan Desa Bersinar, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba. Pencanangan desa bersinar dilakukan ebrtahap ke seluruh Desa dan kelurahan di Tabalong. BNNK pun menargetkan di tahun 2024, Tabalong jadi Kabupaten bebas narkoba. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Peringati HKG, Eka Mawardi Ingin Kader Jadi Garda Terdepan Wujudkan Keluarga Berkualitas

Sab Apr 10 , 2021
TVTABALONG – Tim penggerak PKK Kabupaten Tabalong menyelenggarakan peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 49 di Pendopo Bersinar pembataan pada 7 April 2021. Peringatan HKG PKK ini dipimpin Wakil Ketua Satu tim penggerak PKK Tabalong, Eka Nor Efiani, dengan dihadiri tim penggerak PKK Kecamatan hingga Desa. Dalam kesempatan ini, Eka […]