Dehidrasi Bahaya Buat Anak, Ketahui Gejalanya Dengan Skin Test

TVTABALONG – Diare dan muntaber, seringkali menyebabkan tubuh kekurangan cairan, atau dehidrasi. Mulai dari dehidrasi ringan, hingga dehidrasi berat, yang berpotensi mengancam jiwa. Terlebih jika dehidrasi dialami oleh bayi dan anak-anak.

Dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, baik dehidrasi ringan maupun berat. Mulai dari tubuh yang merasa lemas dan pusing. Warna urin yang kuning pekat, denyut nadi melemah, hingga dapat menyebabkan kejang, komplikasi, hingga kematian. Oleh karena itu penting bagi seseorang untuk mengenali tanda-tanda dehidrasi, terutama bagi orang tua yang memiliki bayi dan anak. Salah satu caranya adalah dengan skintest.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD H Badaruddin Kasim, dr Syaifullah menjelaskan, dengan skin test seseorang dapat mengenali kategori dehirasi. Caranya adalah dengan memperhatikan kulit pasca dicubit. Tubuh terhidrasi, kulitnya akan kembali normal dalam 2 detik ketika dicubit. Sedagkan tubuh yang mengalami dehidrasi, ketika dicubit akan kembali normal dalam waktu lebih dari 2 detik, bahkan lebih lama bagi penderita dehidrasi berat. 

 “untuk dehidrasi berat diketahui dengan mudah, skin test yaitu dengan mencubit kulit bagian perut. Apabila kembali normal kurang dari 2 detik itu normal, jika lebih dari dua detik disebut dehidrasi” jelas dr Syaifullah

“semakin lama kembalinya kulit setelah dicubit, dehidrasinya mengarah ke berat. Atau melihat juga pada cairan bayi menangis tidak mengeluarkan air mata, ini mengarah ke dehidrasi dari sedang-berat”

Anak penderita diare tanpa muntah akan menyebabkan dehidrasi ringan, dengan ditandai bab cair sebanyak 5 kali sehari. Sedangkan penderita muntaber, dapat menyebabkan dehidrasi berat, dengan ditandai BAB cair, yang lebih dari 5 kali dalam sehari. Disertai dengan muntah berkelanjutan. Anak dengan dehidrasi berat, tidak cukup jika hanya diberikan cairan melalui oral. Sehingga perlu perawatan medis dengan memasukkan cairan melalui infus.

Purnamasari

Tinggalkan Balasan

Next Post

SMPN 4 Tanjung Gelar Gebyar Adiwiyata

Jum Nov 1 , 2019
TVTABALONG – SMP Negeri 4 Tanjung menggelar Gebyar Adiwiyata pada Kamis (31/10/2019). Gebyar Adiwiyata diikuti warga sekolah baik guru maupun siswa. Kegiatan Gebyar Adiwiyata diisi workshop pembuatan rencana pembelajaran Adiwiyata bagi para guru. Selain itu juga diisi lomba pembuatan mading daur ulang, ecobrick, dan kebun kelas, Kegiatan inti Gebyar Adiwiyata, […]