Dampak Banjir, Telur Ayam Langka di Pasaran

TANJUNG – Telur ayam di pasaran kini mulai sulit di temukan. Sejumlah pedagang telur di pasar Bauntung Tanjung bahkan terpantau menutup tokonya lantaran tidak mendapat pasokan telur ayam untuk dijual. Rabu (20/01).

Kelangkaan telur ayam ini disebabkan terkendalanya pendistribusian ke daerah Hulu Sungai seperti Tabalong, akibat banjir yang terjadi beberapa hari lalu.

Selain karena jalan yang tergenang, kerusakan jalan akibat banjir juga menyebabkan terhambatnya pendistribusian telur ke Tabalong yang biasa dipasok dari Martapura dan Pelaihari.

Pedagang telur ayam mengakui kelangkaan telur ayam ini terjadi sejak 3 hari terakhir. kelangkaan ini membuat harga telur ayam melambung tinggi, dari yang biasanya sekitar 25 hingga 27 ribu per kilo, kini naik menjadi 40 sampai 60 ribu per kilogram.

“Kosong yang ay, kada kawa orang membawa dari Banjar.  35 bejual di Flambon semalam, tahu am kaina bila inya datang, belum tahu lagi. Yang semalam hari Kami situ handak meantar jar ke Tanjung, tapi jalannya kada kawa. Bawa orang bulik pulang jar ke Banjar. ” Ungkap salah satu pedagang telur ayam di pasar Bauntung Tanjung, Khadizah.

“Kosong, semalam ada ay di Barabai 60 sekilo. (kenapa pian kada menjual?) kada wani menukar, penyebabnya ya karena hujan mana kebanjiran orang.”  Ucap pedagang telur lainnya di tempat yang sama, Sari.

Kelangkaan ini tidak berlaku bagi telur itik. Ketersediaan telur itik di Tabalong masih normal, lantaran telur-telur itik ini banyak dipasok dari Kecamatan Banua Lawas dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Harganya pun masih stabil sebesar 25 ribu per 10 butir telur. (Maimun)

Next Post

Disperindag Koordinasikan Kelangkaan Bahan Pangan ke Pihak Distributor

Jum Jan 22 , 2021
TABALONG – Bencana banjir yang melanda kalimantan selatan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah permasalahan, salah satunya pendistribusian bahan makanan ke berbagai daerah. Di Tabalong sendiri pasokan sejumlah komoditas berkurang drastis hingga menyebabkan kelangkaan. Rabu (20/01). Hal tersebut pun berdampak pada harga pasar, salah satunya telur ayam. Dalam 4 hari […]