Curah Hujan Tinggi Tenggelamkan 15 Kolam BBI & 20 Hektar Unit Pembenihan Rakyat di Kambitin

Tabalong – Curah hujan yang tinggi pada 27 November 2020 lalu, membuat cek DAM Kambitin meluap, sehingga menyebabkan banjir pada kolam di balai benih ikan serta unit pembenihan rakyat.

Banjir tersebut merendam 15 kolam ikan pemeliharaan dan calon indukan, serta kolam pendederan. Selain itu banjir juga merencah 20 hektar unit pembenihan rakyat. Kepala BBI Kambitin, Agustian Rizani menjelaskan, kondisi curah hujan yang cukup tinggi seringkali membuat kolam ikan di kambitin terendam. Luapan air berasal dari cek dam kambitin yang tidak bisa bekerja secara optimal sebagai penampung air.

Kami dari UPT Balai Benih Ikan Kambitin Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, bersama UPT Unit Pembenihan Rakyat yang selalu mengalami banjir dengan curah hujan yang besar dan intensitas air di cek DAM Kambitin meluap sehingga tidak bisa menampung air hujan, maka banjir tidak bisa dihindarkan.” Kata Agustian Rizani.

Agustian berharap, cek dam dapat dilaukan peninggian dan normalisasi. Sehingga kedepan pelaksanaan kegiatan pembenihan maupun pembesaran dapat berjalan optimal.

Next Post

Dorong SDM Unggul di Sektor Pertanian, Distan Berikan Bimtek Petani Milenial

Sel Des 1 , 2020
Tabalong – Dinas Pertanian Tabalong melalui bidang hortikultura berikan bimbingan teknis petani milenial kepada para petani muda di Kabupaten Tabalong. Bimtek diselenggarakan di Aula BPP Kembang Kuning pada 23 November 2020. Bimtek diikuti 30 orang petani muda berusia antara 19 sampai 39 tahun, yang memiliki aksesibilitas terhadap teknologi yang memadai. […]