Cuci Tangan Dengan Sabun Lebih Baik Dari Penggunaan Hand Sanitizer

Tabalong – Pada dasarnya virus corona, dapat aktif di luar tubuh manusia selama beberapa jam, tergantung jenis suatu benda yang di hinggapinnya.  Selain lewat sentuhan antar inangnya, mereka juga bisa menyebar melalui droplet yang dikeluarkan melalui bersin, batuk, atau saat pengidapnya berbicara.

Namun semua jenis pembersih yang mengandung bahan aktif dan serta alkohol terbukti mampu membunuh virus tersebut. Seperti disinfektan, hand sanitizer, tisu basah, gel, dna krim. Namun sabun merupakan benda paling efektif dalam membunuh virus corona. Pasalnya sabun bisa melarutkan senyawa virus serta me-emulsi lemak secara keseluruhan, yang juga terkandung dalam selaput dinding virus corona. Sehingga penggunaannya lebih baik dari pada handsanitizer.

Juru bicara tim gugus tugas covid-19 tabalong, dokter taufiqurrahman hamdie, memaparkan, penggunaan hand sanitizer berfungsi untuk membunuh semua virus dan bakteri, termasuk bakteri baik yang ada ditangan, yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh setiap manusia. Berbeda dengan sabun yang sifatnya hanya meluruhkan bakteri jahat maupun virus yang menempel pada tangan maupun tubuh.

karna tuhan secara alamiah sudah memberikan perlindungan pada mantel asam kulit kita, yang dihasilkan oleh keringat dan jaringan lemak kita, itu pertahanan disitu bakterinya, yang menyebabkan kita tahan terhadap bakteri jagat lainnya, nah kalau kita bunuh dfengan anti septic handsanitizer oke virusnya juga mati semuanya tetapi pertahanan tubuh juga habis, nah itu sebetulnya ,handsanitizer ini adalah cara terakhir kalau tidak ada sabun atau air setidaknya itu melidungi sementara tetapi jika sudah ketemu air  tetap kita harus lakukan itu.” Kata dr. Taufiq.

Penggunaan hand sainitizer disarankan hanya untuk kondisi darurat dan sementara, jika tidak ditemukan air mengalir dan sabun. Handsanitizer juga tidak menjamin membersihkan secara meyeluruh pada telapak tangan atau batang tubuh lainnya.

Maka dari itu dokter taufiqurrahman hamdi menekankan pada masyarakat, utuk lebih memilih mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, karena lebih efektif dari pada penggunaan hand sanitizer. (Rangga)

Next Post

Cegah Covid-19, Gerakan Kewirausahaan Nasional Tabalong Bagikan Masker Untuk Dewasa & Balita

Sel Mei 5 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Oleh Gerakan Kewirausahaan Nasional, atau GKN, DPC Tabalong, membagikan masker pada masyarakat di Lampu Merah Polres Tabalong Pembataan. Pembagian masker kain yang dilakukan 3 mei 2020 ini, merupakan hasil kerjasama antara GKN DPC tabalong dengan […]
error: