Cek DAM Kambitin Jadi Prioritas Usulan Tahun 2022

TABALONG – Perbaikan Cekdam Desa Kambitin menjadi usulan prioritas pertama yang dimasukkan dalam musrenbang pembangunan Desa Kambitin. Hal ini ditegaskan kepala Upt Balai Benih Ikan Kambitin Raya, Agustian Rizani.

Pasalnya saat ini fungsi Cekdam Desa Kambitin Raya tak lagi optimal lantaran berbagai permasalahan. Seperti adanya sumbatan lumpur yang menumpuk, serta adanya kebocoran di beberapa titik saluran yang menuju ke kolam masyarakat, sehingga debit air cenderung rendah.

Upaya untuk perbaikan DAM untuk perairan di masyarakat, kami dari BBI dinas perikanan kabupaten tabalong terus berusaha semaksimal mungkin mengawal program perbaikan budidaya cek DAM yang ada di area wilayah kambitin raya” Kata Kepala Upt BBI Kambitin Raya, Agustian Rizani.

Pada dasarnya Cek Dam Desa Kambitin Raya ini banyak digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan air kolam budidaya ikan. Terlebih desa ini didominasi sebagian besar mata pencaharian warganya sebagai pembudidaya ikan, salah satunya Mbah Raji. Ia pun berharap usulan perbaikan cekdam dapat masuk dalam program pembangunan tahun 2022.

 “Lebih penting lagi karena masalah air ini tiap tahun kan kendalanya masalah air ini, karena di atas itu airnya tertutup sama lumpur sama rumput-rumput semua jadi nggak kelihatan sama DAMnya itu.” Kata Pemilik Kolam Ikan Nila, Mbah Raji.

Selain untuk memenuhi kebutuhan kolam, air cek dam juga dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Hingga saat ini usulan pembangunan tahun 2022 tengah masih dalam proses di bappeda tabalong, sebelum difinalkan untuk disesuaikan dengan usulan prioritas lainnya dari berbagai wilayah di Tabalong. (Gazali Rahman).

Next Post

Meraup Untung Dengan Budidaya Ikan Nila

Sel Jun 29 , 2021
TABALONG – Mbah raji, salah satu warga Desa Kambitin Raya Kecamatan Murung Pudak, menjadi salah satu pembudidaya ikan nila yang sukses. Hampir seperempat abad waktunya digeluti dalam membudidayakan ikan nila, tepatnya sejak tahun 1999. Saat ini mbah raji memiliki lahan kolam seluas setengah hektar yang mampu menampung sekitar 20 ribu […]