Cegah Stunting, Rembuk Tingkat Desa Jadi Hal Penting

TABALONG – Dinas Kesehatan Tabalong terus membekali kader dalam upaya penurunan dan pencegahan angka stunting di kabupaten tabalong. Seperti yang dilakukan pada 5 Juli 2021, Kader pembangunan masyarakat, KPM bersama kepala desa dan perwakilan camat, diberikan pelatihan mengenai identifikasi permasalahan stunting yang ada di desa.

Pelatihan ini diberikan agar para KPM mampu untuk mengidentifikasi segala permasalahan stunting yang ada di desanya  masing-masing. Identifikasi dilakukan berdasarkan format penilaian yang sudah diberikan  oleh dinas kesehatan. Kadinkes Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie berharap, melalui pelatihan ini, kedepannya para kpm mampu melaporkan permasalahan serta usulan pemecahan masalah.

“Mengidentifikasi masalahnya yang khusus di desanya masing-masing Nah setelah diidentifikasi ada usulan pemecahan masalah nah ini kita harapkan kan sebagai bahan untuk dilakukannya rembuk stunting tingkat desa jadi nanti dari KPM ini akan diajukan kepada kepala desa sehingga nanti terlaksananya kegiatan rembuk stunting tingkat desa” Kata dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Dokter Taufiq berharap melalui identifikasi masalah yang dilakukan maka perencanaan pencegahan stunting di tiap-tiap desa yang ada di kabupaten tabalong, dapat lebih terorganisir. (Maria Ulfah).

Next Post

Simak Syarat Donor Darah Bagi Penyintas Covid-19 & Penerima Vaksin…

Sen Jul 12 , 2021
TABALONG – Perhimpunan dokter spesialis penyakit dalam Indonesia, telah merekomendasikan syarat mendonor darah bagi penerima vaksin covid-19 maupun bagi para penyintas. Aturan tersebut tertuang dalam surat rekomendasi perhimpunan dokter spesialis penyakit dalam indonesia tahun 2021. Pasalnya masyarakat yang sudah menerima vaksin covid-19 atau para penyintas covid-19 dinyatakan tidak berbahaya. Bagi […]