Cegah Stunting, Dinkes Tabalong Tingkatkan Kapasitas Kader

TVTABALONG – Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong menggelar peningkatan kapasitas kepada 102 orang  Kader dari 18 Puskesmas yang ada di Tabalong, pada 5 April 2021 di Gedung Sarabakawa Tanjung. Dalam kegiatan ini, para kader diberikan pemahaman mengenai pentingnya periode 1000 hari pertama kehidupan. Kegiatan ini dilakukan dinkes tabalong sebagai upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting.

Kepala dinas kesehatan Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie menilai, Kader memiliki peran besar dalam memberikan pemahaman mengenai pentingnya 1000 HPK agar anak terhindar dari stunting. Para kader pun diminta mengawal1000 HPK.

“Terutama memotivasi ibu untuk memeriksakan kehamilannya dan mendeteksi gangguan selamake hamilan. Kemudian sejak bayi lahir para kader juga sangat berperan terutama dalam memberikan makanan bayi sejak lahir yakni ini si asi menyusui dini, kemudian asi eksklusif, pemberian makanan tambahan asi dan memastikan bayi itu mendapat vaksinasi sebelum 1 tahun. Kemudian dalam kegiatan-kegiatan posyandu yang dilaksanakan para kader adalah penimbangan jadi melakukan penimbangan dan evaluasi apakah bayi itu naik atau tetap timbangannya, apakah balita itu sakit atau tidak, memastikan diberi makana ndengan benar. Nah inilah peranan kader untuk mengawal dalam 1000 HPK sehingga upaya-upaya ini bisa memberikan kontribusi dalam penurunan stunting di Kabupaten Tabalong.” Jelas Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman hamdie.

Masa 1000 hari pertama kehidupan terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan. Di 1000 hari pertama kehidupan terjadi perkembangan massa otak 70% sampai 80%, itu sebabnya pertumbuhan dan perkembangan seorang anak sangat ditentukan pada masa 1000 HPK. (Sherly Nova Arianti).

Next Post

Kader Berperan Penting Tekan Stunting di Tabalong

Sel Apr 6 , 2021
TVTABALONG – Berbagai daerah di Indonesia tengah berupaya menurunkan angka stunting, termasuk di Kabupaten Tabalong. Stunting merupakan kondisi anak tidak tumbuh optimal, akibat kekurangan gizi dan nutrisi. Hal ini pun berpotensi dapat membuat kualitas generasi anak menurun. Salah satu cara dalam menekan angka stunting yang dilakukan Tabalong dengan meningkatkan kapasitar […]