Cegah Penyebaran Covid-19 Di Lingkungan Rutan, 50 Napi Bebas

Tabalong – Sejak Kamis 2 April 2020 hingga senin 6 April 2020, rutan kelas IIB tanjung telah mengeluarkan sebanyak 50 warga binan pemasyarakatan, melalui program asimilasi dan hak integrasi. Pembebasan puluhan napi ini, berdasarkan Permenkumham Republik Indonesia nomor sepuluh tahun 2020, dan keputusan menteri hukum dan ham republik indonesia, tahun 2020.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung, Rommy Waskita Pambudi, berharap kepada para warga binaan yang mendapat asimilasi agar lebih sering berada di rumah, karena tujuan pemberian asimilasi ini untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Diharapkan mereka tetap tinggal di rumah selama melaksanakan asimilasi di rumahkan ini dan tidak keluyuran kemana-mana. Dan yang paling penting juga bahwa mereka tidak mengulangi kejahatan yang mereka lakukan dan tetap berkelakuan baik di tengah masyarakat.” Kata Rommy.

Adapun asimilasi dan hak integrasi ini, diberikan kepada narapidana yang tidak terkait PP Nomor 99 Tahun 2012, sudah melewati setengah masa pidana, dan dua per tiga masa pidananya dibawah 31 Desember 2020, serta tidak sedang menjalani subsidair, dan bukan warga negara asing.

“Kami warga binaan Rutan Tanjung berterimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bapak Presiden, Menteri Hukum dan HAM, Dirjen Pemasyarakatan, Kakanwil Kumham Kalsel, Kadipas Kalsel, Karutan Tanjung dan Keluarga Besar Rutan Tanjung, karena kami bisa asimilasi di rumah.” Ujar salah satu narapidana yang termasuk dalam program asimilasi.

Para napi yang keluar dari rutan, dibawa terlebih dulu ke balai pemasyarakatan, atau bapas, untuk menyelesaikan proses administrasi. Kemudian mereka juga akan diawasi secara ketat oleh petugas bapas, selama asimilasi di rumah. (Alfi)

Next Post

Lapas Tanjung Bebaskan 28 Warga Binaan Cegah Covid-19

Sel Apr 7 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Lapas Kelas IIB Tanjung telah mengeluarkan sebanyak 28 warga binaan, melalui program asimilasi dan hak integrasi, pada 2 april 2020. Puluhan WBP tersebut sudah memenuhi syarat, baik secara administratif maupun substanstif. Pengeluaran dan pembebasan tersebut […]
error: