Cegah Penyakit Pasca Lebaran, Berikut Tips Atur Pola Makan Yang Baik…

TVTABALONG – Perayaan idul fitri tak terlepas dari beragam hidangan enak dan lezat serta minuman manis. Seperti opor, lontong, daging, beragam es dan lainnya. Nah semua masakan ini tentutanya tak terlepas dari lemak dan gula tinggi.

Mengkonsumsi lemak dan gula dalam jumlah banyak, tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Terutama bagi orang yang sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Kepala Dinas kesehatan Tabalong dokter taufiqurrahman hamdie memaparkan beberapa penyakit yang rawan terjadi pasca lebaran, yang umumnya disebabkan dari pola makan dan istirahat yang tidak teratur.

 “Biasanya kita liat kambuhnya penyakit2 yang sudah di miliki, misalnya orang tersebut mempunyai penyakit magh itu kambuh karena porsi makannya yang berlebihan dan tidak teratur pada saat lebaran, yang ke 2 misalnya orang yang hipertensi, nah setelah lebaran itu banyak tensinya yang meningkat, ini kenapa, biasanya karena pola tidurnya yang kurang istirahat, yang ke2 mungkin ada beberapa pantangan makanan untuk penyakit hipertensi dilanggar, nah terus yang ke 3 yaitu penyakit gula, gulanya meningkat disebabkan itu tadi, pola konsumsi yang tidak seimbang dan sebagainya.” dr. Taufiqurrahman Hamdie – Kadinkes Tabalong.

Agar terhindar dari potensi kambuhnya penyakit tersebut, dokter Taufiq menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. (Rangga ,TV Tabalong).

Next Post

Syekh Muhammad Nafis, Tokoh Religi Kalsel Yang Terkenal Akan Ilmu Tasawufnya

Sen Mei 17 , 2021
TVTABALONG – Makam Syeikh Muhammad Nafish yang terletak di Desa Binturu Kecamatan Kelua ini, mulai dikembangkan pemerintah daerah sejak tahun 2000 lalu. Pengembangan dilakukan dengan membangun kubah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk mendukung keberadaan makam sebagai salah satu tempat berziarah. Makam ini sendiri merupakan makam Syeikh Muhammad Nafis […]