Cegah Covid-19, Satgas Covid-19 Kecamatan Muara Uya Pantau & Data Pelaku Perjalanan

Tabalong – Berdasarkan Data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tabalong, hingga 11 Mei 2020, terdapat 6 orang pelaku perjalanan di Kecamatan Muara Uya. Selain itu tidak ditemukan OTG, ODP, PDP, dan positif covid-19, di kecamatan ini.

Pelaksana Tugas Camat Muara Uya, Abdul Wahid, menjelaskan penanganan keenam orang PP tersebut, sama dengan OTG maupun ODP. Setelah dilakukan screening kesehatan di puskesmas, para pelaku perjalanan diminta isolasi mandiri di rumah, lalu dilakukan pemeriksaan berkala oleh Tim Satgas Kecamatan Muara Uya Bidang Kesehatan. Terdapat dua puskesmas di Muara Uya yang digunakan untuk pemeriksaan covid-19, yaitu puskesmas Ribang untuk warga Pasar Batu, Kupang Nunding, dan Ribang, serta puskemas Muara Uya untuk warga di 11 desa lainnya.

“kami dari satgas kecamatan muara uya ya, untuk pelaku perjalanan itu perlakuannya sama seperti ODP maupun OTG. Jadi yang bersangkutan kita mintakan isolasi mandiri. Kemudian sebelumnya harus dilaksanakan semacam screening kesehatan daripuskesmas. Untuk menanggulangi masalah ini dari pihak desa juga sudah ada relawan desa tanggap covidnya, jadi desa pun berperan aktif, jadi yang besangkutan datang sudah melaporkan diri ke pihak desa, pihak desa meneruskan ke satgas kecamatan dan puskesmas Muara Uya maupun puskesmas Ribang untuk penanganan selanjutnya.” Kata Abdul Wahid

Abdul Wahid, mengapresiasi masyarakat kecamatan Muara Uya yang selama ini berperan aktif dalam memutus rantai penyebaran covid-19. Khususnya bagi para pelaku perjalanan yang aktif melakukan pemeriksaan, serta masyarakat sekitar yang dapat menerima mereka dengan baik. Ia juga mengimbau agar masyarakat selalu waspada, walaupun saat ini terjadi penurunan frekuensi covid-19 di tabalong. (Alfi)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Disnaker Tabalong Upayakan Pekerja Yang DiPHK & Dirumahkan Dapat Bantuan

Kam Mei 14 , 2020
Tabalong – Pandemi covid-19 berdampak besar pada sektor usaha dan perekonomian, termasuk di Kabupaten Tabalong. Dinas Tenaga Kerja Tabalong mencatat, hingga awal mei 2020, sekitar 300 pekerja di Tabalong terdampak pandemi covid10. 172 pekerja diantaranya di PHK, sedangkan 128 sisanya dirumahkan. 300 pekerja terdampak tersebut berasal dari 11 perusahaan yang […]