Bupati Buka Forum Konsultasi Publik Perubahan RPJMD Kabupaten Tabalong Tahun 2019-2024, Karena Ini..

TANJUNG – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani membuka forum konsultasi publik perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tabalong tahun 2019 – 2024, di Gedung Pusat Informasi dan Pembangunan Tabalong, Senin (25/01).

Forum ini turut dihadiri seluruh SKPD Kabupaten Tabalong, DPRD, perwakilan lembaga pendidikan, perusahaan umum daerah, dan LSM.

Dalam sambutannya, Anang Syakhfiani menyampaikan perubahan RPJMD ini didasari usulan dari berbagai pihak, yang kemudian dikonsultasikan dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan KEMENPAN RB Republik Indonesia.

Perubahan RPJMD ini juga disesuaikan kembali dengan RPJMN, RPJMD Provinsi, dan kemampuan keuangan daerah.

 “Nah kita konsultasikan ke provinsi, terakhir kita konsultasikan ke Kemenpan-RB, akhirnya di Kemenpan-RB itu dahannya dipotong, rantingnya dipotong, karena harus disesuaikan dengan RPJMN, RPJMD Provinsi, dan terakhir harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.” Jelasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tabalong, Muhammad Noor Rifani menjelaskan, proses perubahan RPJMD tidak jauh berbeda seperti RKPD.

Pembahasan awal dilakukan di tingkat instansi publik Kabupaten, kemudian di tingkat Musrenbang, sehingga prosesnya memerlukan waktu yang lama hingga terjadi perubahan.

“Sebenarnya sama seperti RKPD juga, musrenbang, nanti di musrenbangkan juga, jadi kita nih pertama-tama harus dari pengurus instansi publik dulu yakan, habis itu baru nanti sampai ke tingkat musrenbang yang akan kita lakukan, makanya nanti ini hanya rancangan awal dulu, pendapat masukan-masukan dari stakeholder terkait, nah jadi itu. Masih banyak lagi proses yang akan kita lalui sebelum terjadinya perubahan tersebut.” Pungkasnya.

Muhammad Noor Rifani menyampaikan dua hal utama yang mendasari perubahan RPJMD ini. Yaitu terjadinya pandemi Covid Nineteen, dan perubahan kebijakan di tingkat nasional, seperti rencana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur. (Alfi Syahrin)

Next Post

Perubahan RPJMD Kabupaten Tabalong Tahun 2019 - 2024 Ke Arah Pemulihan Ekonomi

Sen Jan 25 , 2021
TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong memutuskan untuk melakukan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tabalong tahun 2019 – 2024. Dalam Forum Konsultasi Publik yang digelar di Gedung Pusat Informasi, Senin, (25/01). RPJMD Tabalong tahun 2019-2024 di evaluasi, dan rencana awal perubahan pun diarahkan pada pemulihan ekonomi di tengah […]