Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Bupati Anang Harapkan Peserta Mampu Buka Lapangan Kerja

TVTABALONG – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani membuka pelatihan berbasis kompetensi tahap 2, APBN Dipa Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi, program vokasu dan produktivitas tenaga kerja. Pelatihan dibuka pada 17 Juni 2021, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

PBK tahap 2 ini diikuti 96 orang peserta yang terbagi kedalam 6 jurusan, dimana maisng-masing jurusan diisi 16 orang peserta. Ke enam jurusan tersabut yaitu teknisi akutansi junior, pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi, perakitan komputer, pemasangan instalasi listrik bangunan ringan, teknisi AC residential, serta pembuatan roti dan kue.

Peserta akan mengikuti pelatihan dengan waktu yang bervariasi, mulai dari 140 hingga 300 jam pelajaran. Bupati Tabalong, memotivasi peserta didik agar serius dalam mengikuti pelatihan, agar dapat dapat tampil percaya diri menuju dunia kerja maupun berwirausaha.

“Nah kalau kalian serius mengikuti pelatihan ini, akan tumbuh rasa percaya diri yang luar biasa, dan sesuai dengan program pemerintah Tabalong, selesai mengikuti pelatihan ini, kalian bisa jadi ukm, umkm ditabalong ini selama 5 tahun terakhir lebih dari 5 ribu, alumni alumni tadi, ada modal bikin usaha, kita beri bantuan peralatan, langsung buka bengkel, paling tidak dia butuh tenaga kerja 2 atau 3 orang, daripada begawi umpat orang, lebih baik jadi bos, jadi bisa jadi umkm, atau kerja di perushaan, karena skill nya sudah luar biasa” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong, Syaiful Ikhwan, mengatakan, sesuai instruksi Bupati, pihaknya akan berkoordinasi dengan perusahaan yang ada di tabalong, terkait posisi tenaga kerja yang diperlukan. Sehingga disnaker dapat mempersiapan tenaga kerja tersebut melalui blk tabalong.

“Ada bupati meminta dinsaker dan blk mengundang perushaaan, mungkin merembukkan kebutuhan perusahaan kedepan, untuk beutuhan tenaga kerja apa saja, kemudian kita dapat masukkan jenis jenis pekerjaan apa saja yang mereka butuhkan, dari hasil itu mungkin kita menentukan langkah, paling tidak kita dipemerintah daerah mungkin arahnya ke penyiapan tenaga kerja, memenuhi kebutuhan itu” Kata , Syaiful Ikhwan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong.

Syaiful Ikhwan melaporkan terkait pemagangan lulusan BLK yang sudah dilaksanakan di 5 perusahaan, dari dana dekonsentrasi dinas tenaga kerja provinsi kalimantan selatan, antara lain, pt bumi jaya dengan jurusan admin, akuntansi, dan pengawasan. Pt Panca Teknik dengan jurusan welder akuntansi. Pt Abdi Jaya Mandiri dengan jurusan admin dan akuntansi, Aston Tanjung City Hotel dengan jurusan perhotelan atau housekeeping, serta Jelita Hotel dengan jurusan perhotelan yang masing masing di isi oleh 10 orang peserta didik. (Muhammad Ariadi).

Next Post

THM Kembali Beroperasi, Kesbangpol: Buka Maksimal Sampai Jam 10 Malam

Sel Jun 22 , 2021
TVTABALONG – Setelah tutup selama bulan ramadhan penuh, kini tempat hiburan malam di Tabalong kembali diizinkan untuk beroperasi. Sama seperti izin usaha seperti kafe, angkringan dan rumah makan, izin operasional tempat hiburan malam seperti tempat billiar, pub dan karaoke juga mengacu para peraturan bupati nomor 18 tahun 2021. Aturan yang […]