BPS Tabalong : Penduduk Paling Banyak Ada Di Murung Pudak

Tabalong – Pada tahun 2020 badan pusat statistik di seluruh Indonesia, termasuk BPS Tabalong melakukan pendataan sensus penduduk, yang menggunakan sistem online maupun sistem wawancara. Dari hasil pendataan tersebut jumlah penduduk tabalong, tercatat 2ratus 5puluh 3ribu 3ratus 5 jiwa (253.305) , dengan rincian seratus 2puluh 8ribu 5ratus 4puluh 7 jiwa laki-laki, dan seratus 24.758 jiwa perempuan.

Kepala badan pusat statistik Tabalong, Tri Agus Budi Prihanto mengatakan, dari total jumlah penduduk di Tabalong, kecamatan paling banyak penduduk berada di wilayah Kecamatan Murung Pudak, dengan jumlah 56 ribu 7ratus 90 jiwa.

“kecamatan terpadat memang ada di murung pudak yaitu sebesar 56.790 jiwa. Yang terkecil di muara harus 6.795 jiwa” Kata Tri Agus Budi Prihanto, Kepala Bps Tabalong

Selain Murung Pudak, Kecamatan terbanyak kedua di Tabalong yakni kecamatan tanjung, kemudian Kecamatan Kelua, Muara Uya, Haruai, Tanta, Banua Lawas, Jaro, Bintang Ara, Pugaan, Upau kemudian Muara Harus. Data kependudukan ini sendiri akan menjadi landasan pihak yang berkepentingan, untuk mengambil kebijakan publik. (Nova Arianti).