BPP Muara Uya Sukses Demplot Bawang Merah Bima Brebes & Cabai Besar Baja

TABALONG – Dinas Pertanian Tabalong bersama disbunnak Kalimantan Selatan, menghadiri farm field day kegiatan demplot budidaya bawang merah dan panen perdana cabai besar, di demplot balai penyuluhan pertanian Kecamatan Muara Uya,  pada senin 18 Oktober 2021.

Cabai besar dan bawang merah sengaja dipilih sebagai demplot lantaran kedua komoditas ini sering memicu inflasi di Tabalong. Kepala seksi pengelolaan Sdg Sayuran Dinas Pertanian Tabalong, Sri Astuti, menjelaskan  kedua jenis komoditas hortikiltura ini memiliki nilai ekonomis yang cukuo tinggi sehingga berpotensi menambah pendapatan petani.

 “komoditas yang bersifat ekonomis, ekonomis itu dia nilai jualnya lebih tinggi dan kemungkinan menambah pendapatan petani itu lebih besar dibandingkan dengan komoditas strategis seperti komoditas tahan pangan atau padi” Kata Sri Astuti- Kasi Pengelolaan Sdg Sayuran Distan Tabalong.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Kusmaryono, mengapresiasi keberhasilan panen demplot yang dilaksanakan oleh bpp muara uya. Ia berharap agar petani disekitar BPP Muara Uya dapat mencontoh keberhasilan demplot ini.

 “ya alhamdulillah kita melihat hasil demplot yang dilaksanakan oleh BPP Muara Uya ini cukup bagus ya, baik dari bawang merah maupun cabai dan memang demplot ini merupakan percontohan yang nantinya kita harapkan bisa dicontoh oleh petani petani yang berada di sekitar wilayah bpp muara uya ini” Kata Kusmaryono- Kabid Penyuluhan Dinas Tph Provinsi Kalsel.

Demplot dilakukan di lahan seluas sekitar 2 hektar, dengan bibit bawang merah varietas bima brebes dan cabe besar varietas baja. Bibit bawang merah dan cabai besar yang dibudidayakan bpp ini merupakan bantuan dari dana Apbd satu dan Apbn. (Arie Ariadi).

Next Post

Komisi II DPRD Tabalong Usulkan Reward Bagi BPP Yang Berhasil Kembangkan Demplot

Rab Okt 20 , 2021
TABALONG – Komisi dua DPRD Tabalong mengusulkan agar BPP maupun Kelompok Tani yang berhasil mengembangkan pertanian, diberikan penghargaan atau reward. Usulan tersebut disampaikan ketua komisi dua DPRD Tabalong, sumiati saat menghadiri panen bawang merah dan cabai besar hasil demplot BPP Muara Uya pada 18 Oktober 2021. Reward atau penghargaan yang […]