BPN Bentuk tim Konsolidasi Tanah Perkotaan

1

TVTABALONG – Untuk mengatasi permasalahan ex-konsolidasi tanah perkotaan di Kelurahan Mabuun, Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tabalong bersama instansi terkait, adakan pertemuan. Pertemuan membahas rencana untuk menjalankan kembali program konsolidasi tanah perkotaan.

Kepala Badan Pertanahan Tabalong, Kusworo menuturkan, sejak awal tahun 2000, Pemerintah Daerah Tabalong telah mencanangkan daerah Mabuun agar dikonsolidasi menjadi tanah perkotaan. Akan tetapi karena berbagai masalah, program belum rampung sampai sekarang, dan meninggalkan sejumlah permasalahan.

sekarang kita sedang mengumpulkan data kepemilikan tanah masyarakat yang terbaru, tadi telah disampaikan kelurahan sudah capai data 100 pemilik tanah” jelas Kusworo  

Untuk itu, pihaknya telah membentuk tim di tingkat kabupaten, agar program konsolidasi tanah perkotaan di Kelurahan Mabuun dapat kembali dijalankan. Pihaknya akan mengumpulkan data fisik dan yuridis, penataan tanah, sampai kepada penerbitan surat kuasa hak atas tanah dan objek konsolidasi, kepada pemilik tanah bersangkutan.

 Timnya sudah dibentuk hari ini baik tingkat Kabupaten maupun Kelurahan. Kalau tim kelurahan telah bekerja 2 sampai 3 bulan lalu, dan hari ini adalah awal pembentukan tim tingkat kabupaten”

Kusworo menambahkan, konsolidasi tanah perkotaan bertujuan agar pemanfaatan tanah dapat optimal, melalui efisiensi dan produktifitas penggunaan tanah. Seperti penataan pemukiman rumah warga agar memiliki jalan yang nyaman dan memilik lokasi yang tertata.

Konsolidasi tanah perkotaan ini berada di Kelurahan Mabuun. Persisnya dari simpang empat Monumen Tanjung Puri sampai di areal Monumen Obor Mati.  Dimana ada 100 hektar tanah yang dimiliki kurang lebih 600 warga, dan sebagian lagi merupakan tanah pemerintah daerah, yang akan ditata kembali sesuai desain peta yang telah ditentukan.(Syarif)

One thought on “BPN Bentuk tim Konsolidasi Tanah Perkotaan

Tinggalkan Balasan

Next Post

Tim Konsolidasi Data Ulang 100 Hektar Tanah

Jum Sep 20 , 2019
TVTABALONG – Untuk mewujudkan tanah perkotaan yang tertata sesuai peta yang sudah dirancang di Kelurahan Mabuun, Badan Pertanahan Tabalong bersama Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Tabalong, akan mulai mendata ulang 100 hektar bidang tanah, yang masuk dalam konsolidasi tanah perkotaan. Baca Juga : BPN Bentuk tim Konsolidasi Tanah […]