BLT Dana Desa Tahap 1 Rampung, Sebanyak 5.123 KK Di 120 Desa Terima BLT

Tabalong – Sebanyak 5 ribu 123 kepala keluarga di Tabalong, telah menerima bantuan langsung tunai tahap satu yang bersumber dari dana desa. Mereka merupakan warga yang terdampak pandemi covid-19 dan berhak menerima blt dana desa, berdasarkan hasil musyawarah khusus, yang digelar di setiap desa.

Penerima BLT desa tersebar di 12 kecamatan se-tabalong. Namun dari 121 desa yang ada di tabalong, hanya 120 desa yang menyalurkan BLT. Sedangkan 1 desa, yaitu Sungai Kumap Kecamatan Muara Uya, tidak menyalurkan blt desa.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Tabalong, Noriadi menjelaskan, alasan desa kumap tidak menyalurkan blt desa karena tidak menemukan warganya yang sesuai kriteria penerima. Pasalnya warga tidak mampu didesa tersebut, telah tercover berbagai bantuan sosial, seperti BPNT, PKH, dan bansos lainnya.

Ini kami terimakabar mereka tidak menemukan kireteria keluarga yang akan menerima manfaat dari blt ini yaitu desa kumap kecamatan muara uya, mereka menyatakan bahwa belum ada kereteria yang memenuhi karena orang miskin yang ada disitu sdh tercover oleh program pkh, bpnt, dan mungkin program program yang lainnya”  Kata Noriadi

Di 12 kecamatan se-kabupaten tabalong, penerima BLT desa terbanyak berasal dari Kecamatan Kelua, sebanyak 743 KK. Sedangkan penerima BLT paling sedikit ada di Kecamatan Muara Harus, sebanyak 151 KK. Untuk tingkat desa, penyaluran BLT terbanyak dilakukan Desa Pampanan, yaitu bagi 153 kepala keluarga. Sedangkan penyaluran paling sedikit dilakukan Desa Waling dan Desa Takulat, yaitu masing-masing pada satu kepala keluarga. Desa Masintan berencana menambahkan data keluarga penerima manfaat, karena ada warganya yang belum masuk dalam data penerima tahap satu. (Gazali)

Next Post

Disnaker Tabalong Minta Pendaftar Kartu Prakerja Pantau Website Kemenaker

Kam Jun 4 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pasca pembagian kartu pra kerja beberapa waktu lalu, Kementerian Tenaga Kerja kembali akan membuka pendaftaran kartu rpa kerja tahap selanjutnya. Namun kepastian terkait tanggal pembukaan belum dipastikan ke setiap daerah, sehingga Dinas Tenaga Kerja Tabalong, […]
error: