BKKBN Provinsi Kalsel Luncurkan KB Implant Satu Batang di Tabalong

TABALONG – Badan kependudukan dan keluarga berencana nasional provinsi kalimantan selatan, meluncurkan alat kontrasepsi implant satu batang, pada peringatan hari jadi Tabalong 7 Desember 2021. Peluncuran dilakukan kepala perwakilan BKKBN Kalsel, ramlan, di halaman kantor DP3AP2KB Tabalong.

Dalam kesempatan ini ramlan menjelaskan, alat kontrasepsi implant satu batang ini untuk meningkatkan kenyamanan kaum perempuan dalam ber-kb. Pasalnya meski hanya satu batang, implant yang diluncurkan kali ini memiliki jangka waktu yang sama dengan implant jenis sebelumnya.

“Jadi ini untuk memudahkan kenyamanan darir ibu-ibu yang dulunya 2 Batang,  hanya satu batang saja namun jangka waktunya sama 3 tahun. kalau dulu seperti kipas bayangkan 6 batang buat 5 tahun sekarang 1 Batang sudah bisa untuk 3 tahun, nah ini untuk memudahkan kenyamanan dan keinginan dari pada para ibu-ibu, kami menyiapkan implant untuk satu batang di kabupaten Tabalong.” Kata Ramlan, Kepala Perwakilan Bkkbn Provinsi Kalimantan Selatan.

Implant satu batang ini mendapatkan respon possitif dari masyarakat dan tenaga kesehatan. Pasalnya pemasangan implant satu batang dinilai lebih praktis, cepat, dan minim rasa sakit.

” Rasanya nggak sakit dijamin enak, cepet banget, cepet banget sampai nggak terasa”  Kata Mita, Penerima Implant.

“Tanggapan kami untuk pemasangan memang lebih praktis dan waktunya paling 1 menit 2 menit paling sudah selesai dan ibunya nggak sempat sampai tegang apa atau takut. kalau untuk implan yang lain agak kesulitan kita kadang-kadang karena harus memang manual, harus ada tekanan  kadang ada yang lengket apa segala macam, kalau ini memang praktis memang bagus.” Kata Erina Wati, Bidan.

Untuk saat ini persedian implant satu batang masih terbatas, namun pihak BKKBN Provinsi Kalimantan selatan sedang mengusahakan pengadaan implant satu batang untuk lebih banyak lagi di Kabupaten Tabalong. (Maria Ulfah).

Next Post

Hari Jadi Tabalong Ke-56 Dimeriahkan Dengan Pesta Buah

Rab Des 8 , 2021
TABALONG – Untuk memeriahkan puncak epringatan hari jadi ke 56 Kabupaten Tabalong, Dinas Pertanian menyelenggarakan pesta buah bagi tamu undangan. Pesta buah digelar di Taman Bahindang Bahindala dengan menyajikan beragam jenis buah lokal haisl pertanian di Tabalong. Sajian buah yang ditampilkan mulai dari buah musiman hingga buah yang dihasilkan oleh […]