Bisnis Porang Kian Menjanjikan

Tabalong – Ilham, warga Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung, mulai membudidayakan porang sejak beberapa tahun terakhir. Ia memanfaatkan lahan sekitar setengah hektar untuk ditanami porang. Dalam enam bulan, di lahan seluas ini dalam sekali panen, ia bisa menghasilkan umbi porang hingga 1,5 ton. Umbi porang dijual seharga 10 hingga 12 ribu rupiah per kilogram.

Keuntungan inilah yang mendasari ilham, untuk kembali membudidayakan porang. Terlebih budiaya porang hanya memerlukan biaya perawatan yang telatif murah. Disamping itu untuk kebutuhan benih, selain membeli, ia juga mencarinya di hutan. Dari hasil budidaya porang, ilham jadikan sebagai modal dalam mengembangkan usaha pertaniannya. Ia kini mulai menanam tomat, talas, hingga lada.

 “oh keuntungannya mungkin ya terutama modalnya itu bisa kembali sisanya ya bisa mengembangkan usaha lain seperti tanam lombok, tanam apa sayur sayuran lain dan sekaligus sedikit bikin pondok perbaikan” Kata Ilham , Petani Porang.

Ilham bahkan berharap ada pengepul atau tengkulak dari tabalong, sehingga lebih mudah memasarkan porang. Pasalnya selama ini pengepul porang yang ada di tabalong umumnya dari Balangan dan Banjarbaru. (Muhammad Arie Arieyadi).

Next Post

Hujan Deras Picu Longsor Di Tabalong, 1 Buah Rumah Kembali Rusak

Jum Jan 28 , 2022
Tabalong – Hujan deras yang menguyur kota Tanjung, pada sore 27 Januari 2022, kembali mengakibatkan longsor di pemukiman warga di sisi sungai tabalong, tepatnya di RT 3 kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak. Longsor terjadi sekitar jam 5 sore. Longsor ini menyebabkan 1 buah dapur warga runtuh ke arah sungai, […]