Beternak Itik Potensial Dikembangkan di Masa Pandemi

TVTABALONG – Kelompok Tani Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak, menjadi salah satu penerima bantuan program pemulihan ekonomi dinas pertanian berupa itik siap bertelur. Kelompok tani dengan jumlah anggota 16 orang ini, mendapatkan bantuan 1100 ekor itik siap bertelur.

Jumlah itik tersebut dibagi kepada setiap anggota, dengan jumlah masing-masing antara 50 hingga 100 ekor. Dari jumlah itik yang diserahkan, hingga saat ini 30 persennya telah menghasilkan telur. Ketua Kelompok Tani Desa Kasiau, Kaspul Anwar, mengatakan bantuan ini menambah penghasilan mereka, disamping sebagai petani karet.

Kaspul mengatakan, bantuan itik siap bertelur ini menambah penghasilan mereka, pasalnya telur yang dihasilkan sebagian dikonsumsi dan sebagian lagi dijual. Selain itu, ia dan rekannya tidak mengalami kendala dalam memelihara itik ini, karena pakan didapat dengan mudah.

 “Pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan, pekerjaan utama sebagai petani karet, setelah selesai panen kita memelihara itik, jadi itik ni kami, kami mengharapkan, makanya memohon itik ini karena ada kemudahan bagi kami disini, pertama untuk pakannya selain tambahan pakan dari pebrikan itu ada seperti paya, keong sama dadak, jadi itulah memudahkan kami, dan pembuatan kandang sangat mudah.” Kata Ketua Kelompok tani Kasiau, Kaspul Anwar.

Itik bantuan ini merupakan itik unggul yang dapat menghasilkan telur setiap hari dari usia 4,5 hingga 5 bulan. Masa hidupnya pun tergolong lama, yakni mencapai 2 tahun. Selain itu, itik ini juga memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan ternak jenis unggas lainnya, seperti ayam. (Arie Arieyadi).

Next Post

Sesuaikan SPM, Dinkes Tabalong Evaluasi Program KIA

Rab Apr 21 , 2021
TVTABALONG – Dinas Kesehatan Tabalong menggelar evaluasi program kesehatan keluarga, pada 12 April 2021 di Gedung Sarabakawa Tanjung. Program kesehatan keluarga atau kesehatan ibu dan anak merupakan pelayanan terhadap ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi, anak balita, serta anak pra sekolah. Dalam kegiatan ini, bidan perwakilan dari 12 Kecamatan […]