Berkesenian Di tengah Pandemi, Cara Sanggar Suluh Banua Lestarikan Seni Tari

TVTABALONG – Satu tahun lebih pandemi covid-19 menyerang berbagai wilayah. Banyak sektor usaha yang terdampak, salah satunya yang paling parah adalah bidang kesenian. Akibat pandemi, banyak kegiatan kesenian ditiadakan, karena berpotensi mengundang kerumunan.

Kondisi ini tak menghentikan langkah Irna Iskandar, ketua sanggar suluh banua untuk terus berkarya melalui seni tradisi daerah Kalimantan Selatan. Irna bersama sanggar yang dimilikinya terus aktif melestarikan seni tradisi, khususnya seni tari.

Berdiri sejak 2010 lalu, sanggar suluh banua aktif dalam berbagai event festival, baik didalam maupun luar daerah, dan tak jarang selalu memberikan prestasi untuk bumi sarabakawa. Irna  Iskandar menuturkan, meski saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, ia bersama orang disanggarnya tetap produktif menerima job tari serta melakukan kegiatan latihan, meski tidak sesering biasanya.

 “Kalo masalah job di masa pandemi ini alhamdulillah ada saja, meski tidak sesering sebelum adanya pandemic karena mengingat keadaan yang sekarang ini kami juga perlu mengambil job yang sesuai dengan protokol kesehatan. meski demikian kami ttp produktif dan jadwal latihan di sanggar tetap berjalan meski tidak se intens sebelumnya.” Kata Ketua Sanggar Suluh Banua, Irna Iskandar.

Irna berharap pandemi covid-19 cepat berlalu, agar kegiatan festival, gelar budaya, dan kegiatan kesenian lainnya bisa kembali berjalan seperti sebelum pandemi melanda. (Gazali Rahman).

Next Post

Los Pasar Harian Mabuun Beroperasi, Pedagang: Tempatnya Nyaman & Bersih

Sel Jun 8 , 2021
TVTABALONG – Para pedagang pasar harian mabuun, yang sebelumnya direlokasi di lahan parkir, sudah mulai menempati los pasar baru sejak 29 Mei 2021. Los pasar ini merupakan bangunan baru dari pemerintah kabupaten tabalong, untuk menata pasar mabuun. Para pedagang mengaku senang menempati los dagang baru ini. Pasalnya dengan bangunan permanen […]