Berjemur Pagi Mampu Tingkatkan Imun Tubuh, Simak Penjelasannya…

Tabalong – Di tengah pandemi virus corona atau covid-19, aktivitas berjemur dibawah sinar matahari sangat dianjurkan. Karena berdasarkan pandangan medis, berjemur merupakan cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Ketika daya tahan tubuh meningkat, maka akan terhindar dari paparan berbagai virus.

Berjemur lebih disarankan untuk dilakukan antara pukul 10 pagi hingga 12 siang. Hal ini karena di waktu tersebut, matahari mengeluarkan sinar ultraviolet B, yang berfungsi membentuk vitamin D, untuk membentuk kekebalan tubuh. Berjemur disarankan dilakukan selama 15 menit, dengan paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit.

Dokter Syarifudin Basri Spesialis Obygyn menjelaskan, berjemur dibutuhkan semua orang, mulai dari bayi hingga lansia. Pasalnya berjemur merupakan salah satu cara yang mudah dan efektif untuk mendapatkan vitamin D.

“sesuai dengan anjuran bapak bupati tabalong bahwa mulai sekarang sampai dengan bulan april kita mulai gerakan berjemur jam 10 pagi gunanya adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh kita dengan mendapatkan vitamin d, jadi corona ini dia akan tidak suka dengan tubuh kita yang imunitas kita kuat, jadi imunitas itu dari vitamin C dan D, vitamin C dari makanan dan vitamin D salah satunya dari sinar matahari, paling bagus itu dari jam 10 sampai 12 yang paling bagus lagi jam 10 sampai 11.” Ujarnya.

Gerakan berjemur turut dilakukan seluruh karyawan RSUD Haji Badaruddin Kasim, dengan diiringi sedikit gerakan senam. Pasalnya petugas medis rentan terpapar bakteri maupun virus, karena berhubungan langsung dengan orang sakit. Selain petugas, RSUD juga mengajak pasien yang mulai sehat untuk mengikuti gerakan berjemur. Pasien diharapkan menjadi informan bagi keluarga di rumah, terkait pentingnya berjemur.

Dalam kesempatan ini, pihak RSUD mengajak pasien maupun karyawan untuk menggunakan pakaian dan aksesoris seminimal mungkin. Hal ini dilakukan untuk mengurangi media pelekat virus mapun bakteri. (Munawarah)

Tinggalkan Balasan

Next Post

UPT Balai PKB Disemprot Disinfektan Setiap 30 Menit

Jum Mar 27 , 2020
Tabalong – Sejak senin 23 Maret 2020, Unit Pelaksana Teknis Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, rutin melakukan penyemprotan disinfektan, untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Penyemprotan disinfektan dilakukan setiap 30 menit, di lokasi yang menjadi tempat interaksi langsung langsung para pengunjung. Seperti gagang pintu, kursi di ruang tunggu, serta […]