Belajar Memanah, Olahraga Sunnah Melatih Konsentrasi & Kecerdasan

TVTABALONG – Dari bukti-bukti sejarah yang terkumpul, menujukkan aktivitas memanah telah ada sejak 5 ribu tahun yang lalu. Memanah awalnya digunakan untuk berburu dan sebagai senjata pertempuran, kemudian hingga saat ini,menjadi salah satu cabang olahraga. Bagi umat muslim, olahraga panahan juga dianjurkan rasulullah, selain berkuda dan berenang.

Saya pun langsung menemui salah seorang pelatih atlet panahan di horseback archery mabuun, untuk belajar memanah. Disini telah banyak para pemanah berlatih, karena tempat ini memang menjadi salah satu tempat latihan olah raga memanah. 

Untuk memulai belajar memanah, yang wajib diketahui adalah berat tarikan busur dengan kekuatan kita, caranya dengan menarik-ulur busur panah.

Meski terlihat hanya berdiri dan membidik, ternyata memanah membutuhkan banyak kekuatan, ketahanan, dan fokus. Olahraga panahan juga memiliki manfaat yang bagus bagi fisik dan mental, seperti meningkatkan tubuh bagian atas, mengontrol keseimbangan, melatih koordinasi, menyehatkan jantung, membuat kamu lebih fokus, meningkatkan kepercayaan diri, serta sebagai relaksasi.

Lalu ada Target face atau target sasaran anak panah sesuai standar pordasi, berdiameter 60 x 60 centimeter, dengan 5 ring atau lingkaran skor. Skor tertinggi berada ditengah lingkaran yakni 10 poin, kemudian 9, 8, 7, hingga 6. Sedangkan diluar lingkaran 0 poin. (Alfi syahrin).

Next Post

Harga Cabai Di Tabalong Naik, Tembus Rp 140 Ribu/Kg

Sen Apr 5 , 2021
TVTABALONG – Dalam beberapa pekan terakhir, harga cabai rawit melonjak tinggi. Dari yang awalnya sekitar 60 hingga 70 ribu Rupiah per kilogram, kini menjadi 120 hingga 140 ribu Rupiah per kilogram. Para pedagang berasumsi kenaikan harga cabai rawit terjadi lantaran banyaknya cabai gagal panen di tingkat petani, akibat musim hujan. […]