Bawang Merah Penyumbang Inflasi Tertinggi Tabalong

Tabalong – Berdasarkan  data badan pusat statistik Kabupaten Tabalong, pada bulan Februari 2022, Kota Tanjung mengalami inflasi sebesar 0,24 persen. Atau terjadi peningkatan indeks harga  konsumen dari 109,85 pada bulan Januari 2022, menjadi sebesar 110,11 pada bulan Februari 2022.

Inflasi di kota Tanjung pada Februari 2022 terjadi karena adanya kenaikan harga pada beberapa indeks kelompok. Terutama pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, sebesar 0,35 persen. Sedangkan komoditas penyumbang inflasi tertinggi di bulan januari  2022 terjadi pada komoditas bawang merah. Dimana di asaran harga bawang merah melonjak tajam hingga 43 ribu rupiah epr kilogram.

“Kelompok komoditas yang menyumbang inflasi di bulan Februari adalah bawang merah, rokok kretek filter,beras, daging ayam ras dan semangka” Kata Tri Agus Budi Prihanto, Kepala BPS Tabalong.

Sementara penahan inflasi di kota tanjung pada bulan Februari, terjadi pada 5 komoditas. Seperti telur ayam ras, cabai rawit, terong, ikan tongkol atau ikan abu-abu, dan cabai merah. (Nova Arianti).

Next Post

Bulan Februari 2022 Tabalong Alami Inflasi 0,24%

Sel Mar 8 , 2022
Tabalong – Berdasarkan data badan pusat statistik Tabalong, kota Tanjung pada bulan Februari 2022 mengalami inflasi sebesar 0,24 persen. Hal tersebut didasari karena adanya perkembangan harga di berbagai komoditas yang secara umum menunjukan adanya kenaikan. Dari 11 kelompok pengeluaran, 8 kelompok memberikan andil atau sumbangan inflasi, 1 kelompok memberikan andil […]