Bappeda Kalsel: Perencanaan Diharapkan Fokus Pada Mitigasi Bencana & Pengelolaan Lingkungan

TVTABALONG – Musrenbang tingkat Kabupaten Tabalong untuk penyusunan RKPD tahun 2022, dilaksanakan pada Kamis 8 April 2021, di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. Pelaksanaan musrenbang tingkat Kabupaten Tabalong ini, turut dihadiri Perencana Madya Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, I Gede Suardika.

Mewakili kepala Bappeda Provinsi Kalsel, I Gede Suardika menyampaikan harapan Pemprov Kalsel, agar perencanaan pembangunan fokus dalam mitigasi bencana dan pengelolaan Lingkungan Hidup. Hal ini lantaran pandemi covid-19 masih berlangsung, dan terakhir bencana banjir yang terjadi di 11 Kabupaten Kota di Kalsel.

 “Sebagaimana kita ketahui pandemi covid-19 masih belum berakhir, pasien yang terkonfirmasi sampai saat ini, sampai hari ini masih belum menurun. Diawal tahun ini kita juga mengalami bencana banjir di 11 Kabupaten/Kota dengan total orang terdampak banjir kurang lebih sebesar 623 ribu jiwa. Dengan kondisi ini, harapan kami perencanaan daerah kedepan harus lebih baik dan fokus dalam pelaksanaan mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan hidup.” Kata Perencana Madya Bappeda Kalsel, I Gede Suardika.

I Gede Suardika turut menyampaikan 6 prioritas pembangunan daerah dalam rancangan RKPD Provinsi Kalsel tahun 2022. Seperti hilirisasi industri dan peningkatan sektor pertanian dan pariwisata, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dengan memperkuat mitigasi penanganan bencana, memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian, tata kelola pemerintahan yang baik, meningkatkan kualitas daya saing SDM, serta Kalsel sebagai gerbang dari food estate dan Ibukota Negara. (Alfi syahrin).

Next Post

Waket I DPRD Tabalong Minta RKPD 2022 Juga Prioritaskan Program Pembangunan

Rab Apr 14 , 2021
TVTABALONG – Pelaksanaan musrenbang tingkat Kabupaten Tabalong untuk penyusunan RKPD tahun 2022, mendapat tanggapan positif dari Wakil Ketua 1 DPRD Tabalong, Jurni. Pasalnya bappeda tabalong selaku leading sektor, telah menerapkan penginputan semua usulan melalui sistem informasi Pemerintah Daerah (SIPD), yang terintegrasi dengan pemerintah pusat. Jurni menjelaskan, tahap selanjutnya pembuatan rencana […]