Bappeda Kalsel Berupaya Geser Dominasi Tambang Dalam Struktur Ekonomi

TVTABALONG – Berdasarkan tabel dinamis badan pusat statistik Kalimantan Selatan yang dirilis akhir Maret lalu, struktur perekonomian Kalsel ditopang tiga sektor utama, pertambangan, pertanian, dan industri. Dari ketiga sektor tersebut, sektor pertambangan masih mendominasi kontribusi produk domestik regional bruto (PDRB) Kalsel dengan nilai 18,2%, disusul sektor pertanian sebesar 14, 39%, kemudian sektor industri sebesar 13,52%.

Meski sektor pertambangan masih mendominasi PDRB Kalsel, namun dalam 6 tahun terakhir mengalami penurunan hingga 4, 55%. Sedangkan sektor pertanian dan industri cenderung lebih stabil dalam rentan waktu tersebut. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalsel berniat menggeser dominasi sektor pertambangan, ke sektor pertanian dan industri, sesuai dengan tema RKPD Kalsel 2022, yakni memantapkan pemulihan ekonomi dan sosial dengan memperhatikan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Perencana Madya Bappeda Kalsel, I Gede Suardika, saat menghadiri musrenbang RKPD 2022 Tabalong, pada Kamis 8 April lalu. I Gede Suardika mengatakan, untuk mendukung pengembangan sektor pertanian, pihak provinsi Kalsel akan membentuk porporasi pertanian dengan harapan meningkatan hasil pertanian, dan pemberdayaan petani. Lalu mendorong hilirisasi industri bidang pertanian, agar tidak hanya menjual barang mentah.

 “Kita ingin menggeser dominasi tambang ini ke sektor pertanian dalam artian luas, ke sektor industri, dan sektor pariwisata. Di sektor pertanian kita akan membentuk porporasi petani dengan harapan dapat meningkatkan hasil pertanian dan pemberdayaan petani. Kami juga mendorong hilirisasi industri di bidang pertanian agar kita tidak hanya menjual barang mentah.” Kata Perencana Madya Bappeda Kalsel, I Gede Suardika.

Hal ini pun sejalan dengan fokus pembangunan Nasional tahun 2022 mendatang, diantaranya pembangunan ekonomi berkelanjutan, dan pemantapan ketahanan pangan nasional. (Alfi Syahrin).

Next Post

Operasi Keselamatan Intan 2021 Digelar 14 Hari, Ini Targetnya...

Rab Apr 14 , 2021
TVTABALONG – Mengawali operasi keselamatan intan tahun 2021, satuan lalu lintas Polres Tabalong menggelar apel kesiapan pasukan pada 12 April 2021, di halaman Mapolres Tabalong Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. Operasi keselamatan intan tahun 2021, akan berlangsung selama 14 hari, dari 12 hingga 25 April mendatang. Kegiatan operasi ini untuk membantu […]