Bantu Pencegahan Covid-19, UKM & Koperasi Ini Sediakan Masker Gratis

Tabalong – Banyak sektor usaha yang terkena dampak pandemi covid-19, salah satunya pelaku usaha kecil dan menengah. Salah satunya seperti yang terjadi di UKM Sasirangan Padang Panjang Sarabakawa ini.

Sebelum pandemi terjadi, pelaku usaha di sini rutin memproduksi kain maupun kaos sasirngan. Namun saat pandemi covid-19 melanda indonesia, khususnya Tabalong Kalimantan Selatan, mereka mengganti usahanya menjadi produksi masker kain.

Ketua UKM, Elrina, mengatakan pembuatan masker kain bukan sekedar mengganti penghasilan usaha sebelumnya, tapi juga sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat dalam penyediaan masker kain di tengah pandemi covid-19. Masker kain yang diproduksi pun terbilang murah, seharga 5 ribu rupiah untuk masker satu lapis, dan 7 ribu rupiah untuk masker dua lapis. Ia juga menyampaikan masker kain yang diproduksi merupakan pesanan, bukan sengaja dijual.

“Masker yang kita buat tergantung permintaan teman-teman, tapi kebanyakan mereka minta yang 1 lapis dan 2 lapis yang bisa dimasukan tisu. Kalo yang dari 1 lapis itu kita bahannya emang lebih tebal bahan drill, yang 2 lapis kita pakai katun panca, jadi kalo 2 lapis bisa dimasukan tisu di dalamnya, jadi lebih keamanannya lebih 70% lah untuk melindungi kita dari partikel debu atau droplet itu sendiri.” Ujar Elrina.

UKM Sasirangan Padang Panjang Sarabakawa bermitra dengan koperasi baitulmaal wakaf indonesia, atau BWI Kabupaten Tabalong. Dalam hal ini Koperasi BWI Tabalong menyediakan bahan, kemudian di produksi oleh UKM sasirangan. Ketua Koperasi BWI tabalong, Zulrifan Noor, mengatakan masker kain tersebut dibagikan secara gratis kepada yang lebih membutuhkan.

“Kita kelilingya, keliling melihatkan biasa pedagang kecil masih dagang sekarangya di taman atau ada ojek-ojek online juga sering mangkal, itu kita cek kita tanya-tanya aja sambil, sekarang kenapa masih keluar gitu, terus kenapa belum mempunyai masker, ya rata-rata sih karena harganya lumayan ya.” Kata Zulrifan.

Zulrifan menyampaikan di samping membagikan masker kain gratis, Koperasi BWI Tabalong juga menyurvei kondisi ekonomi masyarakat yang mendapatkan masker kain tersebut. Survei dilakukan karena Koperasi BWI Tabalong mempunyai program sembako murah, yang akan disesuaikan dengan kondisi ekonomi saat ini. (Alfi)

Next Post

ASN Yang Mudik Saat Pandemi Covid-19 Akan Dikenakan Sanksi

Sel Apr 28 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong meminta Aparatur Sipil Negara Pemkab Tabalong untuk tidak bepergian keluar daerah selama pandemi covid-19. Imbauan ini telah disampaikan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan TABALONG. Pada jajaran SKPD. Dalam bentuk surat edaran yang […]
error: