Bantu Pencegahan Covid-19, 15 Desa Di Kecamatan Banua Lawas Rasionalisasikan Anggaran

Tabalong – Ke 15 desa di Kecamatan Banua Lawas gencar melakukan upaya pencegan masuknya covid-19 ke wilayah mereka. Setiap desa mulai mendirikan poskon siaga covid-19 serta membagikan masker dan tempat cuci tangan bagi setiap warga.

Hal tersebut dijelaskan Camat Banua Lawas Zainuddin, bahwa hingga saat ini ke 15 desa yang ada di Kecamatan Banua Lawas telah melakukan rasionalisasi APBDES, untuk dana tanggap darurat covid 19. Sebagian besar dana di alokasikan untuk memenuhi kebutuhan pencegahan covid-19, dengan menyediakan masker dan peralaratan cuci tangan.

dari desa pun saat ini suudah melaksanakan imbauan dari pemerintah dengan mengadakan alat cuci tangan dan masker. 15 desa yang ada di kec. banua lawas alat cuci tangan ada di muka rumah masing-masing.” kata Zainuddin.

Desa Bangkiling Raya Kecamatan Banua Lawas melakukan rasionalisasi anggaran hingga 94 juta rupiah untuk dana darurat covid-19. Dana digunakan untuk upaya pencegahan, salah satunya operasional poko siaga covid-19 yang dikerjasamakan dengan warga setempat. Posko ini untuk memantau warga, terutama warga yang baru datang dari luar daerah.

yang diprioritaskan sendiri kami adalah untuk melakukan pembuatan masker dan data odp. sampai hari ini kami punya data 13 orang odp yang baru pulang dari pekerjaan”  kata Rahmadi.

Berbeda dengan Desa Bangkiling Raya. Selain mendirikan posko siaga covid-19,  Kepala Desa Bangkiling bersama warga sepakat memperketat akses masuk wilayah mereka. Warga dari luar desa, tidak diperbolehkan untuk melakukan tangkap ikan di desa mereka. Pasalnya desa Bangkiling, menjadi salah satu wilayah tangkap ikan, sehingga banyak warga dari daerah luar yang masuk ke desa ini.

“Warga Tabalong maupun warga luar tabalong yang hobi memancing dan menangkap ikan di wilayah bangkiling, pada saat ini kami melakukan himbauan untuk sementara tidak melakukan penangkapan ikan di Desa Bangkiling” kata Wahyudi.

Upaya kecamatan Banua Lawas dalam mencegah covid19 mendapat apresiasi dari wakil dua ketua DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf. Ia berharap upaya setiap desa dan pihak kecamatan, dapat menghindarkan warga dari bahaya covid-19.

“ya kaitan dengan pemanfaatan dana desa untuk pencegahan covid 19 sendiri alhamduliilah sdh ebrjaland engan baikd an pemanfaatannya sdh bagus jua karena dimana kebutuhan yang emmang di masyarakat sendiri berupa masker dan alat kebersihan itu bisa langsung digunakan dan dimanfdaatkan masyarakat”  kata Habib Taufan.

Pihak desa dan warga di Kecamatan Banua Lawas berencana menyediakan rumah singgah bagi warga yang pulang kampung dari perantauan. Pasalnya banyak warga di wilayah ini yang bekerja di luar daerah, dan berencana pulang ke kampung halaman sebelum memasuki bulan ramadhan. (Tim)

Next Post

Wakil Ketua 1 DPRD Tabalong Jurni Apresiasi Langkah Cepat Desa Tangani Pencegahan Covid-19

Sab Apr 18 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Dalam rangka penanganan penyebaran covid-19, seluruh lapisan masyarakat mulai bergerak melakukan berbagai upaya pencegahan, termasuk p-emerintahan tingkat desa. sejumlha desa di kabupaten Tabalong,  mulai melakukan rasionalisasi apbdes, untuk pendanaan tanggap darurat covid-19. Wakil ketua satu […]
error: