Bangkitkan Lahan Tidur Ratusan Hektar, Pemdes Hapalah Minta Normalisasi Sungai

Tabalong – Pemerintah Desa hapalah, Kecamatan Banua Lawas, mengusulkan normalisasi dua badan sungai yang memiliki aliran berbeda, yakni sungai di rt delapan, dan di rt lima hingga delapan. Usulan ini sempat disampaikan saat musrenbang. Kemudia disampaikan kembali saat Komisi 3 DPRD Tabalong dan dinas PUPR Tabalong meninjau lokasi pada 7 Maret 2022.

Kepala Desa Hapalah, Anang Acil menjelaskan, usulan untuk normalisasi sungai di RT 8 berupa tanggul, dengan tujuan menahan banjir masuk ke area persawahan. Sedangkan untuk di RT 5 hingga 8, normalisasi sungai bertujuan memperlancar keluarnya air, yang selama ini menggenangi area persawahan seluas kurang lebih 100 hektar.

 “Jadi masalahnya memang bukan masalah di panen pak, dari awal tidak bisa digarap pak, karena kondisi air tadi yang tidak bisa keluar pak. Jadi kapan surutnya padahal musim kemarau tapi tetap tergenang air, karena tertutup oleh rumput-rumput di awang tadi pak, kada bisa diairi lagi.” Kata Anang Acil, Kepala Desa Hapalah.

Kepala bidang sumber daya air Dinas PUPR Tabalong, iwan romaidi menjelaskan pihaknya akan menentukan titik-titik normalisasi sungai, bersama dengan pihak desa. Sebelumnya usulan ini sudah terima kabid terdahulu, dan tahun ini sudah dianggarkan dana pemeliharaannya. Sedangkan untuk penanganan lebih lanjut diusahakan masuk anggaran perubahan.

 “Kalo saat ini mungkin pemeliharaan di 2022 sudah, anggarannya sudah ada. Tadi kami kan sudah ada berbicara dengan anggota dewan, mungkin itu nanti akan ditimbulkan di perubahan, nantinya dianggarkan lah.” Kata Iwan Romaidi, Kabid SDA Dinas PUPR Tabalong.

Usulan normalisasi dua sungai ini menjadi prioritas pemerintah desa hapalah, pasalnya mayoritas masyarakat setempat ialah bertani. Dengan dilakukannya tinjauan oleh anggota dprd ini, usulan tersebut diharapkan dapat segera diakomodir. (Alfi Syahrin).

Next Post

Dukung Normalisasi Sungai Hapalah, Dewan : Potensial Jadi Lumbung Padi

Kam Mar 10 , 2022
Tabalong – Komisi 3 DPRD Tabalong bersama Dinas PUPR Tabalong, Sekcam Banua Lawas, dan Pemerintah Desa Hapalah, meninjau lokasi usulan normalisasi dua buah sungai di Desa Hapalah, Kecamatan Banua Lawas, pada Senin 7 Maret 2022. Tinjauan yang dilakukan merupakan tindaklanjut dari tinjauan tahun 2021 lalu, pasca pergantian kepala bidang sumber […]