Bahas Tarif Sewa Alsintan, Komisi II DPRD Tabalong Ingin Tarif Terjangkau Bagi Petani

TVTABALONG – Komisi II DPRD Tabalong bersama tim raperda kembali melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah pada 25 Mei 2021. Pada rapat kedua ini, pembahasan fokus pada tarif sewa alsintan di Dinas Pertanian, agar lebih murah dibandingkaN alat yang ada di Dinas PUPR Tabalong, meskipun sebagian besar alat sama, seperti excavator, dump truck, lowboy atau trailer, dan lain sebagainya.

Upaya untuk membedakan tarif ini dikarenakan penyewa alat di Dinas Pertanian dan Dinas PUPR memiliki ruang lingkup berbeda. Alat berat di dinas pertanian umumnya disewa para petani untuk membuka lahan pertanian, dengan pendapatan yang tidak terlalu besar. Berbeda dengan para penyewa alat berat yang disediakan dinas pupr tabalong, yang umumnya dari kontraktor.

Ketua Komisi II DPRD tabalong, Sumiati, bersama tim raperda sepakat, agar tarif sewa atas aset yang dimiliki daerah harus lebih murah bagi petani, dibandingkan dengan yang disewakan pihak swasta. Pasalnya pemerintah tidak hanya mengejar pendapatan asli daerah tetapi juga memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya.

Terus ada perbedaan antara sewa alat yg khususnya low boy yang ad di dinas pertanian  dan ada di PU nah ini memang ada perbedaan karena mana penggunaan untuk kelompok tani adalah penggunaan dalam rangka penunjang pertanian, sehingga ini sewanya harus di bawah standar tapi terhadap yang di manfaatkan kantor kantor dan pengusaha lainnya maka ini adalah dalam rangka komersil.” Kata Ketua komisi II DPRD Tabalong, Sumiati.

Dengan adanya perbedaan tarif antara alat yang ada di pertanian dan di pupr, Komisi II juga mengusulkan, agar adanya syarat khusus untuk pengguna alat pertanian. Seperti terdaftar dalam kelompok tani, agar alat digunakan tepat untuk usaha tani. (Gazali Rahman)

Next Post

Komisi II DPRD Bersama Distan Tabalong Bahas Kredit Alsintan Murah

Kam Jun 3 , 2021
TVTABALONG – Komisi II DPRD tabalong mengusulkan agar tersedia kredit murah alat dan mesin pertanian, untuk para petani di Tabalong. Usulan disampaikan Komisi II DPRD Tabalong saat rapat pembahasan raperda pemakaian kekayaan daerah, bersama pihak terkait pada 25 Mei 2021. Usulan ini ditujukan kepada dinas pertanian tabalong, sebagai leading sektor […]