Atasi Kelangkaan, KPH Tabalong Sediakan Disinfektan Alami Gratis Bagi Masyarakat

Tabalong – Disinfektan menjadi salah satu barang yang dibutuhkan selama pandemi covid-19. Untuk mengatasi kelangkaan disinfektan di pasaran, Kesatuan Pengelola Hutan Tabalong, menyediakan disinfektan alami berupa asap cair, bagi masyarakat yang ingin melakukan penyemprotan.

Hal ini berdasarkan istruksi dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang mendorong masyarakat menggunakan asap cair sebagai disinfektan. Pasalnya disinfektan alami berupa asap cair lebih ramah lingkungan, serta lebih mampu membunuh kuman dan bakteri.

Efektifitas asap cari membunuh kuman dan bakteri ini merupakan hasil penelitian kementrian lingkungan hidup dan kehutanan. Kasi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal Abidin  mengatakan asap cair lebih membunuh kuman dan virus jika dibandingkan cairan kimia berupa ethanol atau alkohol 70 persen.

Menurut penelitian yang kita baca dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan bahwa setelah dilakukan penelitian tenyata disinfektan cair ini selain ramah lingkungan juga memiliki keunggulan 70 kali lipat kekuatanya bisa membunuh virus,kuman maupun bakteri dibandingkan etanol seperti alcohol 70 persen.” Kata Zainal.

Disinfektan alami berupa asap cair diproduksi mandiri oleh 3 kelompok tani hutan binaan KPH Tabalong. setiap KTH mampu menghasilkan sekitar 20 liter asap cair per hari. (Munawarah)

Next Post

Waket 2 DPRD Tabalong Bagikan Alat Cuci Tangan & Semprotan Disinfektan Bagi Masyarakat

Jum Apr 17 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Wakil Ketua Dua DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf, membagikan bantuan berbagai perlengkapan dalam mendukung pencegahan penyebaran covid-19 kepada masyarakat. Bantuan diserahkan bagi masyarakat di wilayah Selatan Tabalong, pada 15 April 2020. Bantuan yang diserahkan […]
error: