Aplikasi Simluhtan Jadi Pegangan Pemerintah Untuk Bantu Petani

TVTABALONG – Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Kusmaryono, meminta petugas sistem informasi manajemen penyuluhan pertanian, simluhtan,untuk rutin melakukan update data penyaluran bantuan dari pemerintah. Hal tersebut disampaikannya saat mengisi materi pada pelatihan sistem manajemen informasi penyuluhan pertanian yang digelar Dinas Pertanian Tabalong pada 15 Juni 2021 di Mabuun.

Sistem informasi manajemen penyuluhan pertanian atau simluhtan adalah informasi berbasis web yang menyajikan data dan informasi tentang kegiatan pertanian, kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan pemerintah, serta data kelembagaan petani. Data diinput dengan perangkat lunak sehingga laporan, rekapitulasi dan distribusi baik dari Provinsi, Kabupaten, maupun Kecamatan dapat di monitor dengan baik. Terlebih setiap bantuan yang diberikan pemerintah berdasarkan dari data yang sudah ada dalam simluhtan.

“Memberikan lebih kejelasan terkait dengan data-data yang ada gitu ya jadi kita memberikan informasi kalau nanti ada bantuan yang tidak masuk di kelompok tani dalam artian apa masuk dalam simluhtan nanti ada kemungkinan kelompok tani yang bersangkutan tidak akan disetujui untuk mendapatkan dan tidak diperkenankan untuk mendapatkan bantuan kalau tidak masuk di simluhtan” Kata Kusmaryono, Kabid Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan & Hortikultura Kalsel.

Kusmaryono juga mengingatkan pentingnya update simluhtan, karena data tersebut merupakan pegangan bagi pemerintah dalam memberikan bantuan kepada para kelompok tani. Ia juga mengingatkan bagi para petani yang belum masuk kedalam kelompok tani, agar segera membentuk atau mendaftarkan diri ke kelompok tani yang sudah ada,mengingat bantuan hanya bisa di berikan kepada kelompok tani dan bukan individu. (Maria Ulfah).

Next Post

Puluhan Anak Ikut Khitan Gratis di Mapolres Tabalong

Sel Jun 22 , 2021
TVTABALONG – Jelang peringatan hari Bhayangkara ke-75 pada 1 Juli mendatang, Polres Tabalong menggelar Bhakti Kesehatan berupa khitanan massal gratis, pada 15 Juni 2021, di Aula Praja Utama Mapolres Tabalong. Khitanan massal gratis ini, juga menjadi dukungan Polres Tabalong terhadap program kesejahteraan dari pemerintah, yang dikerjasamakan dengan Dinas Kesehatan.  “Polri […]