Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, RSUD HBK Amankan Stok Oksigen

TABALONG – Meningkatnya kasus covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia, membuat ketersediaan stok oksigen tabung semakin menipis. Pasalnya penderita covid-19 bergejala berat memerlukan banyak oksigen tabung, untuk menghindari dampak negatif serangan virus tersebut.

Mengantisipasi lonjakan kasus di Tabalong, RSUD Badaruddin Kasim Maburai mulai mengambil langkah untuk mencegah terjadinya kelangkaan oksigen tabung di rumah sakit ini. Sekitar 1 bulan yang lalu, RSUD Badaruddin Kasim sudah mulai mengamankan stok oksigen yang ada. Hal tersebut merupakan arahan langsung dari surat edaran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, agar seluruh rumah sakit menyediakan stok oksigennya dengan berkoordinasi bersama distributor tabung oksigen yang ada di masing-masing wilayah.

Direktur RSUD Badaruddin Kasim, Mastur Kurniawan, mengatakan RSUD Badaruddin Kasim dalam seminggu mendapat jatah 3 kali pengiriman. Dengan 1 kali pengiriman berjumlah 35 tabung, sehingga untuk ketersediaan tabung saat ini masih relatif aman. Terlebih angka covid-19 di Tabalong masih stabil.

“Alhamdulillah sampai sekarang kita lancar lancar saja, khusus untuk rumah sakit mabuari, karena di RS MABURAI kebutuhannya biasanya 1 Minggu sekali tu 3 kali pengiriman, sekali pengiriman sekitar 35 tabung, sampai pernah puncaknya pada April lagi naik yang pakai ventilator itu hampir 75 tabung sekali pengiriman, untuk sementara kita persediaan di rumah sakit MABURAI ni ada 50 tabung cukup untuk 2-3 hari, kita sudah berkoordinasi dengan penyedia, penyedia di gudangnya siap aja untuk mengirim sesuai 1 Minggu 3 kali” Kata Mastur Kurniawan, Dirut RSUD Badaruddin Kasim Maburai.

Mastur juga mengatakan, pasien yang bergejala berat dengan menggunakan ventilator, biasanya dapat menghabiskan 30 tabung dalam sehari untuk 1 orang. Sedangkan pasien yang bergejala ringan dan sedang hanya menggunakan 1 tabung yang dapat bertahan 2 sampai 3 hari. Namun pihaknya tetap berkoordinasi dengan penyedia untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus yang menyebabkan kelangkaan oksigen seperti yang terjadi di beberapa daerah. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Isi Ulang Tabung Oksigen di Tabalong Masih Normal

Sen Jul 12 , 2021
TABALONG – Selain di RSUD Badaruddin Kasim Maburai, penyedia tabung oksigen yang ada di salah satu apotek di Murung Pudak juga mulai mempersiapkan stok tabung oksigennya. Guna mengantisipasi kelangkaan seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Apotek yang terletak di Kelurahan Sulingan ini, telah menyiapkan sebanyak 3 stok tabung […]